Kompas TV internasional kompas dunia

Sekutu Israel Langsung Kutuk Serangan Iran, Beri Dukungan Penuh kepada Tel Aviv

Kompas.tv - 14 April 2024, 09:25 WIB
sekutu-israel-langsung-kutuk-serangan-iran-beri-dukungan-penuh-kepada-tel-aviv
Menteri Luar Negeri Prancis Stephane Sejourne dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. (Sumber: Gil Cohen-Magen/Pool Via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

PARIS, KOMPAS.TV - Sekutu-sekutu Israel, seperti Jerman, Prancis dan Kanada, langsung mengutuk serangan Iran ke negara Zionis itu.

Iran meluncurkan ratusan rudal dan drone ke arah Israel, Minggu (14/4/2024) dini hari WIB atau hampir dua minggu sejak Israel menyerang konsulat Iran di Suriah yang menewaskan pejabat Iran.

Iran meluncurkan serangan baik dari wilayah Iran secara langsung, maupun melalui proksi-proksinya di Lebanon, Suriah, dan Yaman.

Baca Juga: Iran Akhirnya Serang Israel, Gunakan Pasal 51 Piagam PBB sebagai Legitimasi

Jerman, Prancis, dan Kanada mendukung serangan Israel ke Gaza sejak 7 Oktober 2023 yang per 12 April 2024, telah menewaskan 34.000 orang lebih. Serangan itu dilakukan setelah Hamas melancarkan serangan ke Israel pada 7 Oktober.

Mereka pun kembali menunjukkan dukungannya kepada Israel yang kini giliran diserang Iran.

Menteri Luar Negeri Prancis Stephane Sejourne dalam pernyataannya mengungkapkan, dengan "mengambil tindakan yang belum pernah dilakukan sebelumnya, Iran telah melewati ambang batas baru sehubungan dengan aktivitas destabilitasinya dan mempertaruhkan potensi peningkatan militer."

Kecaman juga diungkapkan Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock, yang beberapa bulan lalu menolak gencatan senjata di Gaza yang dapat menghentikan jatuhnya korban jiwa warga Palestina lebih banyak akibat serangan Israel.

Jerman "mengutuk dengan sekuat tenaga serangan yang sedang berlangsung, dan dapat menjerumuskan seluruh kawasan ke dalam kekacauan,” tutur Baerbock, dikutip dari Associated Press.

“Iran dan proksi harus menghentikannya sesegera mungkin. Kami menawarkan Israel solidaritas penuh saat ini,” lanjutnya.

Baca Juga: Serangan Iran ke Israel Dimulai, Ratusan Rudal dan Drone Diluncurkan

Sedangkan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengatakan negaranya dengan tegas mengutuk serangan udara Iran terhadap Israel.

“Kami berdiri di belakang Israel. Setelah mendukung serangan brutal Hamas pada 7 Oktober, aksi terbaru rezim Iran akan lebih jauh membuat wilayah menjadi tak stabil, dan membuat perdamaian lebih lama semakin sulit,” kata Trudeau.

“Kami mendukung hak Israel mempertahankan diri dan rakyatnya dari serangan seperti ini,” tambahnya.

Sementara Iran melegitimasi serangannya ke Israel dengan Pasal 51 Piagam PBB.

“Dilakukan berdasarkan Pasal 51 Piagam PBB mengenai pertahanan yang sah, tindakan militer Iran adalah respons terhadap agresi rezim Zionis terhadap lokasi diplomatik kami di Damaskus,” tutur perwakilan tetap Iran di PBB melalui media sosial X.

Menurutnya, persoalan mengenai serangan ke konsulat Iran itu bisa dianggap selesai dengan serangan ke Israel.

“Namun jika rezim Israel melakukan kesalahan lagi, reaksi Iran akan jauh lebih parah. Ini adalah konflik antara Iran dan rezim jahat Israel,” tambahnya.


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x