Kompas TV internasional kompas dunia

Pemerintah RI Berhasil Kirim Bantuan Kemanusiaan buat Warga Palestina di Gaza

Kompas.tv - 10 April 2024, 05:25 WIB
pemerintah-ri-berhasil-kirim-bantuan-kemanusiaan-buat-warga-palestina-di-gaza
Paket bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di Gaza yang siap diterjunkan dari Pesawat C-130 J Super Hercules TNI AU. (Sumber: Dok. Biro Humas Setjen Kemhan)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia berhasil mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina di Gaza. Pengiriman bantuan ini dilakukan dengan diterjunkan dari pesawat C-130 J Super Hercules TNI AU. 

Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha menjelaskan pengiriman bantuan pemerintah Indonesia untuk warga Palestina di Gaza via udara ini berkat kerja sama TNI AU dengan Angkatan Udara Yordania (RJAF).

Bantuan tersebut merupakan realisasi dari pernyataan Presiden RI Joko Widodo di Madiun pada 8 Maret lalu. Pemerintah Indonesia akan segera mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina di Gaza.

Adapun bantuan kemanusiaan yang dikirim melalui udara ini sebanyak 20 paket yang bersisi makanan, air mineral, dan obat-obatan dengan berat paket masing-masing 160 Kg. 

"Pengiriman bantuan dilakukan dengan metode penerjunan low cost low altitude , dengan rute KA2-SAS-KA2," ujar Edwin dalam keterangan tertulisnya, Selasa (9/4/2024). 

Baca Juga: Israel Batasi Bantuan ke Gaza, Warga Terancam Kelaparan

Edwin menambahkan pengiriman bantuan via udara ini merupakan hasil dari diplomasi dan hubungan baik antara Indonesia dengan Yordania melalui Menhan Prabowo Subianto dengan Raja Yordania Abdullah II.

Pada 12 Maret 2024 melalui telepon, Menhan Prabowo menyampaikan kepada Raja Abdullah II mengenai keinginan Presiden Jokowi agar Indonesia bisa mengirimkan bantuan langsung ke Gaza.

Kemudian pada 21 Maret 2024 Menhan Prabowo menerima kunjungan kehormatan Duta Besar Yordania untuk Indonesia Sudqi Al Omoush, di Kemhan, Jakarta. 

Dalam pertemuan tersebut disampaikan undangan bagi Indonesia untuk berpartisipasi dalam operasi peluncuran bantuan kemanusiaan ke Gaza via udara dari Raja Abdullah II.

Bantuan logistik dari RI untuk Gaza via udara ini berangkat dari Tanah Air pada 29 Maret 2024, yang dilepas oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Apron Lanud Halim Perdanakusuma.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x