Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Perketat Keamanan Kedubes Usai Serang Konsulat Iran di Suriah

Kompas.tv - 2 April 2024, 20:45 WIB
israel-perketat-keamanan-kedubes-usai-serang-konsulat-iran-di-suriah
Petugas mengerjakan operasi evakuasi di gedung konsulat Iran yang diledakkan serangan udara Israel di Damaskus, Suriah, Senin (1/4/2024). (Sumber: Omar Sanadiki/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

TEL AVIV, KOMPAS.TV - Pemerintah Israel menginstruksikan peningkatan keamanan di gedung-gedung kedutaan besar negara itu di seluruh dunia. Instruksi ini disiarkan Tel Aviv usai serangan udara Israel ke gedung konsulat Iran di Damaskus, Suriah yang menewaskan 11 orang, termasuk dua jenderal Korps Garda Revolusi Iran (IRGC).

“Kami meminta Anda untuk terus mengambil langkah-langkah pencegahan, dan memberikan perhatian lebih selama operasi rutin,” demikian instruksi pemerintah Israel kepada para diplomat sebagaimana diberitakan Ynet.

Adapun Israel diketahui kerap meluncurkan serangan udara ke wilayah yang dikuasai pemerintah Suriah. Namun, Tel Aviv jarang berkomentar atau mengakui serangan-serangan tersebut.

Baca Juga: Indonesia Kutuk Serangan Israel ke Konsulat Iran di Damaskus

Pihak Iran pun mengecam serangan Israel yang dinilai diluncurkan tanpa provokasi dan melanggar hukum internasional. Kedutaan Besar Iran di Jakarta menyatakan bahwa Teheran akan membalas serangan ini.

"Serangan ke misi diplomatik seperti itu tidak hanya melanggar keamanan dan keselamatan, tetapi juga bertentangan dengan prinsi-prinsip kedaulatan dan non-interferensi yang menjadi landasan hubungan internasional dan diplomasi," demikian keterangan pihak Kedubes Iran di Jakarta yang diterima Kompas.tv, Selasa (2/4).

"Komunitas internasional bersama Perserikatan Bangsa-Bangsa harus mengutuk pelanggaran ini tanpa syarat, dan menempuh langkah serius untuk menyikapi pelanggaran ini. Agresor harus dituntut bertanggung jawab atas tindakannya yang secara terang-terangan mengabaikan norma-norma dan konvensi yang mengatur interaksi beradab dan damai antarnegara."

Serangan Israel meratakan gedung konsulat di Damaskus yang bersebelahan dengan gedung Kedutaan Besar Kanada untuk Suriah. Duta Besar Iran untuk Suriah Hossein Akbari menyebut gedung konsulat diledakkan dari enam rudal yang ditembakkan jet F-35.

Otoritas Iran melaporkan bahwa komandan pasukan Al-Quds, bagian dari IRGC, Brigjen Mohammad Reza Zahedi tewas dalam serangan ini. Wakil Brigjen Zahedi, Jenderal Hadi Haj Rahimi juga tewas.

Baca Juga: Kedubes Iran di Jakarta Kecam Serangan Israel ke Konsulat di Damaskus, Pastikan Keadilan Ditegakkan


 


 



Sumber : YNet, Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x