Kompas TV internasional kompas dunia

Usai Temui Xi Jinping, Prabowo Subianto Bakal Melawat ke Jepang

Kompas.tv - 1 April 2024, 18:21 WIB
usai-temui-xi-jinping-prabowo-subianto-bakal-melawat-ke-jepang
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto tiba di Beijing, China untuk menemui Presiden Xi Jinping pada Minggu (31/3/2024). (Sumber: Kementerian Pertahanan RI)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan RI sekaligus presiden terpilih, Prabowo Subianto dilaporkan akan mengunjungi Jepang pada 2-3 April 2024. Prabowo akan bertolak ke Jepang setelah mengunjungi Republik Rakyat China (RRC).

Prabowo sendiri saat ini berada di China. Ketua Umum Partai Gerindra itu tiba di Beijing pada Minggu (31/3/2024) dan dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping, Perdana Menteri Li Qiang, dan Menteri Pertahanan Laksamana Dong Jun.

Menurut keterangan Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, saat ini proses koordinasi sedang dilakukan untuk mengatur pertemuan Prabowo dengan sejumlah pejabat tinggi Jepang. Presiden terpilih itu juga akan menemui Perdana Menteri Fumo Kishida.

Baca Juga: Pertemuan Prabowo dan Xi Jinping Disorot Media China, Ada Keraguan meski Diyakini Kian Mesra

Pemerintah Jepang berharap kunjungan Prabowo dapat menjadi momentum memperkuat hubungan bilateral dan kerja sama kedua negara di berbagai bidang, termasuk terkait situasi di kawasan Indo-Pasifik.

"Mengingat Jepang dan Indonesia merupakan Mitra Strategis Komprehensif yang berbagi prinsip dan nilai fundamental serta memiliki hubungan bersejarah di bidang politik, ekonomi, dan budaya, kami berharap kunjungan ini menjadi momentum untuk memperkuat kerja sama kedua negara di berbagai bidang di hubungan bilateral maupun di situasi kawasan," demikian keterangan Kedubes Jepang di Jakarta dikutip Antara, Senin (1/4).

PM Fumio Kishida sendiri telah mengucapkan selamat kepada Prabowo atas kemenangannya di Pilpres 2024. Kishida menelepon Prabowo selama sekitar 10 menit pada 21 Maret lalu.


Selain itu, Kishida juga melayangkan surat berisi ucapan selamat kepada Prabowo yang memenangkan Pilpres 2024 satu putaran, mengalahkan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

"Perkenankan saya untuk menyampaikan ucapan selamat dari lubuk hati saya yang paling dalam atas terpilihnya Yang Mulia dalam pemilihan presiden kali ini," kata Kishida dalam suratnya.

Baca Juga: Dua Sosok Ini Disebut Media Asing Bakal Jadi Kandidat Prabowo untuk Menteri Keuangan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x