Kompas TV internasional kompas dunia

Tentara Israel Terekam Bermain-main dengan Pakaian Dalam Perempuan Gaza dalam Unggahan Online

Kompas.tv - 29 Maret 2024, 01:30 WIB
tentara-israel-terekam-bermain-main-dengan-pakaian-dalam-perempuan-gaza-dalam-unggahan-online
Tentara Israel diketahui mengunggah foto dan video yang menunjukkan mereka bermain-main dengan pakaian dalam yang ditemukan di rumah-rumah Palestina. Tindakan kontroversial ini menuai hujatan tentang perilaku tentara Israel dalam perang di Gaza (Sumber: X / Younis Tirawi)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

GAZA, KOMPAS.TV - Tentara Israel diketahui mengunggah foto dan video yang menunjukkan mereka bermain-main dengan pakaian dalam yang ditemukan di rumah-rumah Palestina. Tindakan kontroversial ini menuai hujatan tentang perilaku tentara Israel dalam perang di Gaza, sementara kelaparan warga Gaza semakin parah akibat blokade Israel.

Salah satu video berisi tentara Israel duduk santai di sebuah ruangan di Gaza. Senyum lebar menghiasi wajahnya, dengan sepucuk senjata di satu tangan dan sehelai pakaian dalam perempuan dari satin putih di tangan yang lain, digantungkan di atas mulut terbuka seorang rekan yang berbaring di sofa.

Di tempat lain, seorang tentara duduk di atas sebuah tank sambil memegang manekin wanita yang mengenakan bra hitam dan helm. Dengan nada berseloroh, ia berkata, "Saya menemukan istri cantik di Gaza, hubungan serius, wanita hebat."

Kedua video yang diambil oleh tentara Israel tersebut menjadi bagian dari puluhan unggahan di mana pasukan Israel di Gaza terlihat memamerkan pakaian dalam perempuan, manekin, dan dalam beberapa kasus, keduanya.

Foto-foto pakaian dalam itu telah dilihat puluhan ribu kali, bahkan hampir mencapai setengah juta kali dalam satu kasus, setelah diunggah ulang oleh Younis Tirawi, seorang yang mengaku sebagai reporter Palestina.

Mendapatkan tanggapan tentang gambar-gambar yang diunggah ulang kepada lebih dari 100.000 pengikutnya di X antara 23 Februari dan 1 Maret, Tirawi memberikan tautan ke unggahan asli oleh tentara IDF yang kemudian secara independen diverifikasi memiliki delapan unggahan di Instagram atau YouTube.

"Penyebaran gambar-gambar semacam itu merendahkan martabat perempuan Palestina, bahkan semua perempuan," kata Ravina Shamdasani, juru bicara Kantor Hak Asasi Manusia PBB.

Seperti dikutip Straits Times, Kamis (28/3/2024), Reuters kemudian mengirimkan rincian delapan unggahan yang diverifikasi di YouTube atau Instagram kepada Israel Defence Forces (IDF), untuk meminta komentar.

Baca Juga: Hamas Minta Bantuan Internasional untuk Hentikan Pembunuhan Sistematis Warga Gaza

Tentara Israel memamerkan pakaian dalam perempuan Palestina yang mereka obrak-abrik lalu hancurkan. Tentara Israel diketahui memposting foto dan video yang menunjukkan mereka bermain-main dengan pakaian dalam yang ditemukan di rumah-rumah Palestina. Tindakan kontroversial ini menuai hujatan tentang perilaku tentara Israel dalam perang di Gaza (Sumber: X / Younis Tirawi)

Sebagai tanggapan, seorang juru bicara mengirimkan pernyataan yang mengatakan IDF menyelidiki insiden yang menyimpang dari perintah dan nilai-nilai yang diharapkan dari tentara IDF, serta laporan tentang video yang diunggah ke jejaring sosial.

"Dalam kasus-kasus di mana ada kecurigaan tindak pidana yang membenarkan adanya penyelidikan, penyelidikan dibuka oleh Kepolisian Militer," demikian pernyataannya.

"Penting untuk dijelaskan dalam beberapa kasus yang diperiksa, disimpulkan ekspresi atau perilaku tentara dalam video tersebut tidak pantas, dan ditindaklanjuti sesuai dengan prosedur yang ada," tambah pernyataan tersebut.

Namun, IDF menolak mengonfirmasi apakah mereka merujuk pada salah satu gambar yang disorot, atau apakah ada pelaku yang telah dikenai disiplin.

Tentara Israel yang diidentifikasi tidak memberikan tanggapan atas permintaan komentar yang dikirim melalui akun media sosial mereka.



Sumber : Straits Times / The New Arab


BERITA LAINNYA


Advertorial

Madiun Maju Mendunia | VVIP

27 April 2024, 15:37 WIB

Close Ads x