Kompas TV internasional kompas dunia

Serangan Teroris di Gedung Konser Moskow, 40 Tewas dan Lebih dari 100 Terluka

Kompas.tv - 23 Maret 2024, 07:10 WIB
serangan-teroris-di-gedung-konser-moskow-40-tewas-dan-lebih-dari-100-terluka
Kebakaran besar terlihat di Balai Kota Crocus di tepi barat Moskow, Rusia, Jumat, 22 Maret 2024. Beberapa pria bersenjata menyerbu gedung konser besar di Moskow, 40 orang tewas dan lebih dari 100 terluka. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Sebanyak 40 orang tewas dan lebih dari 100 terluka dalam serangan bersenjata berat di sebuah gedung konser di Moskow, Rusia, Jumat (22/3/2024). Hal ini dinyatakan Layanan Keamanan Federal Rusia pada Sabtu (23/3/2024).

Serangan ini, yang sedang diselidiki oleh otoritas Rusia sebagai tindakan terorisme, merupakan yang paling mematikan di Rusia dalam beberapa tahun terakhir.

Beberapa penembak bersenjata masuk ke dalam gedung konser di pinggiran Moskow dan menyemprot pengunjung dengan tembakan otomatis, menewaskan dan melukai puluhan orang serta memicu kebakaran besar. Media Rusia melaporkan atap gedung kini runtuh akibat terbakar.

Serangan ini terjadi beberapa hari setelah Presiden Vladimir Putin mengukuhkan kekuasaannya atas negara itu dalam suatu pemilihan yang sangat diatur.

Belum ada yang mengeklaim bertanggung jawab langsung atas serangan itu. Ini merupakan serangan teroris terburuk di Rusia dalam beberapa tahun terakhir dan terjadi ketika pertempuran di Ukraina memasuki tahun ketiga. Wali Kota Moskow Sergei Sobyanin menggambarkan serangan itu sebagai tragedi besar.

Laporan berita Rusia mengatakan para penyerang melemparkan bahan peledak, memicu kebakaran besar di Crocus City Hall di pinggiran barat Moskow. Video yang diunggah di media sosial menunjukkan asap hitam besar mengepul di atas gedung.

Serangan itu terjadi saat kerumunan berkumpul untuk konser Picnic, sebuah band rock Rusia terkenal, di gedung yang dapat menampung lebih dari 6.000 orang.

Laporan berita Rusia mengatakan pengunjung sedang dievakuasi, tetapi beberapa mengatakan sejumlah orang mungkin terjebak oleh kebakaran.

Kantor jaksa mengatakan beberapa pria berpakaian seragam tempur masuk ke dalam gedung konser dan menembak pengunjung. Tembakan beruntun dapat terdengar dalam beberapa video yang diunggah oleh media Rusia dan saluran Telegram.

Baca Juga: AS Ternyata Siap Hadapi Serangan Nuklir Rusia ke Ukraina di Akhir 2022, Ungkap Persiapannya Matang

Kebakaran besar terlihat di Balai Kota Crocus di tepi barat Moskow, Rusia, Jumat, 22 Maret 2024. Beberapa pria bersenjata menyerbu gedung konser besar di Moskow, 40 orang tewas dan lebih dari 100 terluka. (Sumber: AP Photo)


Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x