Kompas TV internasional kompas dunia

PBB: Israel Berpotensi Lakukan Kejahatan Perang karena Membiarkan Penduduk Gaza Kelaparan

Kompas.tv - 19 Maret 2024, 23:50 WIB
pbb-israel-berpotensi-lakukan-kejahatan-perang-karena-membiarkan-penduduk-gaza-kelaparan
Warga Palestina mengantre untuk mendapatkan makanan gratis di Rafah, Jalur Gaza, Kamis, (21/12/2023). Pasukan Israel, Kamis (29/2/2024), menembaki kerumunan warga Palestina yang menunggu bantuan di Kota Gaza. Lebih dari 104 pengungsi yang kelaparan tewas. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

GAZA, KOMPAS.TV - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyebut Israel berpotensi melakukan kejahatan perang karena membiarkan penduduk Gaza kelaparan.

Israel juga berpotensi dinyatakan menggunakan kelaparan sebagai "senjata perang" karena memblokir pasokan bantuan yang masuk sambil terus melakukan serangan-serangan ke berbagai wilayah Gaza.

"Luasnya pembatasan yang terus dilakukan Israel terhadap masuknya bantuan ke Gaza, bersama dengan cara mereka terus melakukan konflik bersenjata, mungkin mencapai penggunaan kelaparan sebagai metode perang, di mana itu merupakan kejahatan perang," kata juru bicara Kantor Hak Asasi Manusia PBB, Jeremy Laurence, di Jenewa, Selasa (19/3/2024), dikutip dari First Post

Laurence menambahkan, putusan akhir apakah "kelaparan digunakan sebagai senjata perang" oleh Israel akan ditentukan oleh pengadilan.

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menyatakan "tingkat keamanan pangan akut yang parah" berdampak terhadap seluruh penduduk Gaza.

Ia pun menyoroti kebutuhan kritis terhadap peningkatan aliran pasokan kemanusiaan ke enklafe Palestina yang diduduki Israel sejak 1967 itu.

"Menurut pengukuran paling dihormati dalam hal-hal tersebut, 100 persen populasi di Gaza berada pada tingkat keamanan pangan akut yang parah. Itu adalah kali pertama seluruh populasi diklasifikasikan demikian," kata Blinken dalam kunjungan resminya di Filipina.

Pada malam sebelum kunjungannya ke Timur Tengah – kali ini ke Arab Saudi dan Mesir – Blinken juga menjelaskan upaya negosiasi gencatan senjata di Gaza dan peningkatan pengiriman bantuan.

Menurut penilaian keamanan pangan yang didukung oleh PBB, setengah penduduk Gaza menderita kelaparan "katastrofe", dan jika tidak diambil tindakan segera, kelaparan diperkirakan akan melanda bagian utara Gaza pada Mei.

Baca Juga: Israel Klaim Bunuh 50 Lebih Pejuang Hamas dalam Serangan ke RS Al Shifa di Gaza

Menurut Direktur Kemanusiaan PBB Martin Griffiths, sudah tidak ada waktu lagi untuk menunda dan Israel harus menyediakan pasokan yang tidak terbatas untuk Gaza.




Sumber : First Post/New York Post


BERITA LAINNYA



Close Ads x