Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden AS Joe Biden Ucapkan Selamat kepada Prabowo Subianto

Kompas.tv - 14 Maret 2024, 20:35 WIB
presiden-as-joe-biden-ucapkan-selamat-kepada-prabowo-subianto
Presiden AS Joe Biden. Joe Biden mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto yang unggul telak di Pilpres 2024. Ucapan selamat ini dituliskan Biden dalam selembar surat kepada Prabowo. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Seriat (AS) Joe Biden mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto yang unggul  di Pilpres 2024. Ucapan selamat ini dituliskan Biden dalam selembar surat kepada Prabowo.

Dalam unggahannya di media sosial Instagram, Prabowo melampirkan surat yang ditandatangani Biden bertanggal 12 Maret 2024. Surat ini berisi ucapan selamat dan harapan Biden terkatit kemitraan AS-Indonesia.

Baca Juga: Prabowo-Gibran Siapkan 36 Pengacara untuk Hadapi Sengketa Pilpres 2024, Ada Yusril dan Otto Hasibuan

"Saya ingin menyampaikan selamat kepada rakyat Indonesia atas pemilu yang berhasil, tanda dari komitmen bersama kita terhadap demokrasi, dan kepada Anda untuk keunggulan Anda di peghitungan suara pemilihan presiden. Saya menantikan pengumuman hasil resmi pemilihan," tulis Biden dalam surat yang diunggah Prabowo, Kamis (14/3/2024).

"Selama 75 tahun, Indonesia dan Amerika Serikat semain dekat, terikat oleh nilai-nilai berasama dan visi yang demokratis, pluralistis atas dunia. Bersama, kita juga menjaga stabilitas internasional, termasuk membangun sebuah masa depan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, sejahtera, dan aman. Kemitraan Anda sebagai Menteri Pertahanan Indonesia krusial dalam upaya-upaya ini. Saya tidak sabar untuk memperkuat ikatan negara kita lebih lanjut seiring implementasi Kemitraan Strategis Komprehensif Kita dan penjajakan area-area kerja sama yang baru."

"Kita lebih kuat, dan dunia lebih aman, jika Indonesia dan Amerika Serikat bediri bersama-sama. Mohon terima harapan-harapan baik saya, dan semoga tahun-tahun mendatang dipenuhi kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan bagi rakyat di dua negara kita."

Surat Biden kepada Prabowo ini dibawakan langsung oleh Duta Besar AS untuk ASEAN Yohannes Abraham. Prabowo pun berterima kasih atas ucapan selamat Joe Biden.

"Kita tetap berkomitmen memperkuat ikatan historis antara dua negara kita melalui kerja sama lebih lanjut, sembari merayakan persahabatan yang dibina Indonesia dan Amerika Serikat selama lebih dari 75 tahun," kata Prabowo.

Sebelumnya, sejumlah pemimpin asing telah mengucapkan selamat kepada Prabowo terkait keunggulan Ketua Umum Partai Gerindra itu di Pilpres 2024. Para pemimpin asing itu di antaranya adalah Presiden Rusia Vladimir Putin, PM Inggris Raya Rishi Sunak, PM Malaysia Anwar Ibrahim, dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Baca Juga: Dapat Promosi Wadanyonif Mayor Teddy Masih Bertugas sebagai Ajudan Prabowo, Ini Penjelasan Kemhan


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x