Kompas TV internasional kompas dunia

Waspada, Putin Tak Ragu Gunakan Senjata Nuklir: Rusia Siap Perang Nuklir

Kompas.tv - 14 Maret 2024, 11:31 WIB
waspada-putin-tak-ragu-gunakan-senjata-nuklir-rusia-siap-perang-nuklir
Putin saat pidato kenegaraan tahunan, Kamis (29/2/2024). (Sumber: Kremlin)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Presiden Rusia Vladimir Putin menegaskan tak ragu gunakan senjata nuklir jika ada ancaman bagi negaranya.

Hal tersebut diungkapkan Putin dalam sebuah wawancara dengan media pemerintah yang dipublikasikan pada Rabu (13/3/2024).

Putin menyampaikan komentar tersebut kepada Rossiya 1 dan RIA Novosti menjelang pemilihan presiden pada 15 Maret, ketika perang di Ukraina memasuki tahun ketiga.

Baca Juga: Kelompok Begal Bersenjata Nigeria Minta Tebusan Rp7,2 Miliar untuk Bebaskan 286 Sandera Anak Sekolah

Dikutip dari CNN, Putin mengatakan bahwa dari sudut pandang militer dan teknis, Rusia siap menghadapi perang nuklir, meski meyakini tak akan terjadi dalam waktu dekat.

Ia pun memperingatkan jika AS mengirimkan tentaranya ke Ukraina, Rusia akan menganggap mereka sebagai pengganggu.

“Terlepas dari (Presiden AS Joe) Biden, ada cukup banyak pakar lain di bidang hubungan Rusia-Amerika dan pengendalian strategis. Jadi saya pikir semuanya akan berjalan lancar di sini, tapi kami siap untuk itu (perang nuklir),” tuturnya.


Putin mengatakan AS juga sedang mengembangkan kekuatan nuklir, tetapi itu tak berarti mereka siap untuk meluncurkan perang nuklir secepatnya.

“Mereka sekarang sedang menetapkan tugas untuk meningkatkan modernitas, inovasi, dan mereka punya rencana yang sesuai,” kata Putin.

Baca Juga: Rusia Ungkap Kekhawatiran atas Pembatasan Akses Umat Islam oleh Israel ke Kompleks Masjid Al-Aqsa

Kami juga mengetahui, mereka sedang mengembangkan semua komponennya. Begitu juga kami. Senjatanya ada untuk digunakan. Kami juga memiliki prinsip kami sendiri,” sambungnya.

Menurut komunitas intelijen AS, Rusia memandang persediaan senjata nuklirnya yang besar dan beragam sebagai alat penting untuk mencapai tujuannya dalam menghadapi potensi konflik dengan AS atau NATO.

Perjuangan Rusia di medan perang di Ukraina terus meningatkan risiko bahwa Rusia akan menghadapi konflik dengan AS atau NATO, dan mungkin menggunakannya.

 

 



Sumber : CNN


BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB

Close Ads x