Kompas TV internasional kompas dunia

Kapal Nelayan Terbalik di Korea Selatan, 5 Awak Hilang, 2 WNI Tewas

Kompas.tv - 9 Maret 2024, 17:40 WIB
kapal-nelayan-terbalik-di-korea-selatan-5-awak-hilang-2-wni-tewas
Ilustrasi kapal tenggelam. (Sumber: Thinkstock via Kompas.com)
Penulis : Vyara Lestari

TONGYEONG, KOMPAS.TV – Sebuah kapal nelayan dengan 9 awak terbalik di lepas pantai Tongyeong, kota di selatan Korea Selatan, Sabtu (9/3/2024). Penjaga Pantai Korea Selatan menyatakan lima di antara awak kapal, hilang.

Melansir Yonhap, dua awak berkewarganegaraan Korea Selatan dan tujuh warga negara Indonesia (WNI) dilaporkan berada dalam kapal berbobot 20 ton itu saat ia terbalik di perairan sekitar 68 kilometer (km) di selatan sebuah pulau di Tongyeong di Provinsi Gyeongsang Selatan pada Sabtu (9/3) pukul 6.29 pagi waktu setempat.

Baca Juga: Paspor 20 WNI ABK Kapal Terbalik di Jepang Hanyut, KBRI Tokyo Fasilitasi Pemulangan ke Tanah Air

Penjaga Pantai Korea Selatan telah menemukan empat dari sembilan awak kapal, dan tiga di antaranya ditemukan tak sadarkan diri di dalam kapal dan segera dilarikan ke rumah sakit. Namun, mereka, termasuk dua orang WNI, dinyatakan meninggal dunia.

Sementara, salah seorang awak kapal ditemukan di perairan sekitar 13 km dari lokasi insiden kapal terbalik pada sekitar pukul 15.15 waktu setempat.

Baca Juga: 20 WNI ABK Korban Kapal Ikan Terbalik di Jepang Dipastikan Selamat, KBRI Tokyo Langsung Turun Tangan

Pihak berwenang menyatakan 12 kapal patrol penjaga pantai, empat kapal angkatan laut dan enam helikopter dikerahkan untuk melakukan operasi pencarian di sekitar lokasi kecelakaan.

Petugas menyebut mereka tidak menemukan tanda-tanda penyebab kapal terbalik seperti bertabrakan dengan kapal lain maupun tertabrak batu karang.

Kapal yang terbalik itu dilaporkan meninggalkan Pulau Jeju, pulau wisata di selatan Korea Selatan pada Kamis (7/3) pukul 10.36 pagi. 


 

 



Sumber : Yonhap


BERITA LAINNYA



Close Ads x