Kompas TV internasional kompas dunia

Korea Utara Ancam Ambil Tindakan Militer terhadap Latihan Perang AS-Korea Selatan

Kompas.tv - 6 Maret 2024, 10:44 WIB
korea-utara-ancam-ambil-tindakan-militer-terhadap-latihan-perang-as-korea-selatan
Helikopter Apache Angkatan Darat AS lepas landas di Kamp Humphreys di Pyeongtaek, Korea Selatan, Senin, 4 Maret 2024. Korea Utara menyebut latihan militer Korea Selatan-AS yang sedang berlangsung sebagai rencana untuk menyerang negara itu, pada hari Selasa mengancam akan mengambil tindakan bertanggung jawab yang tidak ditentukan. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

SEOUL, KOMPAS.TV - Korea Utara hari Selasa, (5/3/2024), mengancam akan mengambil langkah militer yang "bertanggung jawab" sebagai respons terhadap latihan militer gabungan antara Korea Selatan dan Amerika Serikat, menilai latihan tersebut sebagai upaya terselubung untuk menyerang negara tersebut.

Ancaman Korea Utara muncul sehari usai pasukan Korea Selatan dan AS memulai latihan tahunan, termasuk simulasi komputer dan berbagai latihan lapangan 11 hari. Latihan tahun ini melibatkan 48 latihan lapangan, dua kali lipat dari jumlah tahun lalu.

Dalam pernyataan yang disiarkan oleh media negara, Kementerian Pertahanan Korea Utara menyatakan, "Mengecam keras latihan militer sembrono dari AS dan (Korea Selatan) yang semakin jelas dalam ancaman militer terhadap negara berdaulat dan upaya untuk menyerangnya."

Seorang juru bicara kementerian yang tidak diidentifikasi mengatakan militer Korea Utara akan "terus memantau tindakan petualang musuh dan melakukan kegiatan militer yang bertanggung jawab untuk mengendalikan lingkungan keamanan yang tidak stabil di Semenanjung Korea."

Meskipun juru bicara tidak merinci langkah-langkah yang akan diambil Korea Utara, pengamat memperkirakan kemungkinan uji coba rudal atau langkah-langkah lain untuk memperkuat kemampuan perangnya.

Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengklarifikasi bahwa latihan bersama dengan Amerika Serikat adalah bagian dari latihan rutin pertahanan. Pernyataan kementerian tersebut menegaskan bahwa Korea Selatan akan memberikan respons yang kuat jika Korea Utara meluncurkan provokasi langsung selama latihan.

Korea Utara memandang latihan militer besar-besaran dari rivalnya sebagai latihan pementasan invasi.

Meskipun pejabat Korea Selatan dan AS telah berulang kali menyatakan mereka tidak bermaksud menyerang Korea Utara, negara tersebut sering kali merespons dengan meluncurkan sejumlah rudal ke laut selama latihan militer bersama AS dan Korea Selatan.

Baca Juga: Perdamaian Korea Utara-Korea Selatan Diyakini Mustahil, Kim Jong-Un Hapus Semua Artikel Reunifikasi

Plang perbatasan Korea Utara. Korea Utara hari Selasa, (5/3/2024), mengancam akan mengambil langkah militer yang "bertanggung jawab" sebagai respons terhadap latihan militer gabungan antara Korea Selatan dan Amerika Serikat, menilai latihan tersebut sebagai upaya terselubung untuk menyerang negara tersebut. (Sumber: AP Photo)

Staf Gabungan Korea Selatan mengungkapkan bahwa latihan militer tahun ini dengan Amerika Serikat bertujuan untuk menetralkan ancaman nuklir Korea Utara dan melibatkan tembakan langsung, pemboman, serangan udara, dan latihan menangkal rudal.

Kekhawatiran terhadap program nuklir Korea Utara semakin meningkat dalam dua tahun terakhir, dengan negara tersebut menguji coba peluncuran rudal dengan kecepatan rekor dan mengancam akan menggunakan senjata nuklir secara pre-emptif.

Sebagai respons, AS dan Korea Selatan meningkatkan latihan militer mereka dan menambah penempatan aset militer kuat seperti kapal induk dan pembom nuklir. Tahun ini saja, Korea Utara melakukan enam kali uji coba rudal dan latihan menembak artileri.

Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, menyatakan bahwa negaranya tidak akan mencari rekonsiliasi dengan Korea Selatan dan berjanji untuk meninggalkan tujuan reunifikasi damai dengan Korea Selatan.

Kim mengumumkan pula bahwa Korea Utara akan mengambil sikap militer yang lebih agresif di sepanjang batas laut yang dipersengketakan dengan Korea Selatan.

Para ahli mengindikasikan bahwa Korea Utara mungkin percaya memiliki arsenal senjata yang lebih besar akan memberikan keunggulan dalam diplomasi dengan Amerika Serikat.

Mereka menambahkan bahwa Korea Utara berupaya keras mendapatkan pengakuan internasional sebagai negara nuklir, dengan harapan mendapatkan keringanan sanksi ekonomi yang dipimpin oleh AS.

Diperkirakan Korea Utara akan meningkatkan ketegangan dengan melakukan lebih banyak uji coba rudal dan merilis retorika perang sepanjang tahun ini, terutama menjelang pemilihan besar di AS dan Korea Selatan. Para ahli juga memperingatkan bahwa Korea Utara mungkin akan melakukan provokasi terbatas di sekitar perbatasan yang tegang dengan Korea Selatan tahun ini.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x