Kompas TV internasional kompas dunia

Tuntut Pengusutan, Uni Eropa Pastikan Warga Gaza yang Tewas Saat Konvoi Bantuan Mati Ditembak Israel

Kompas.tv - 3 Maret 2024, 07:20 WIB
tuntut-pengusutan-uni-eropa-pastikan-warga-gaza-yang-tewas-saat-konvoi-bantuan-mati-ditembak-israel
Warga Gaza yang ditembak Israel saat datangnya bantuan makanan minggu lalu. Uni Eropa hari Sabtu, (2/3/2024) menyatakan sebagian besar warga Palestina yang tewas atau terluka saat mencoba mendapatkan karung tepung dari konvoi bantuan, dipastikan mati ditembak pasukan Israel, mendesak dilakukannya penyelidikan internasional atas pembantaian tersebut. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada
Warga Gaza yang ditembak Israel saat datangnya bantuan makanan minggu lalu. Uni Eropa hari Sabtu, (2/3/2024) menyatakan sebagian besar warga Palestina yang tewas atau terluka saat mencoba mendapatkan karung tepung dari konvoi bantuan, dipastikan mati ditembak pasukan Israel, mendesak dilakukannya penyelidikan internasional atas pembantaian tersebut. (Sumber: AP Photo)

RAFAH, KOMPAS.TV - Uni Eropa menyatakan sebagian besar warga Palestina yang tewas atau terluka saat mencoba mendapatkan karung tepung dari konvoi bantuan, dipastikan mati ditembak pasukan Israel.

Pada Sabtu (2/3/2024), Uni Eropa mendesak dilakukannya penyelidikan internasional atas pembantaian tersebut.

Kemarahan meluap atas keputusasaan ratusan ribu orang yang berjuang untuk bertahan hidup di utara Gaza setelah hampir lima bulan pertempuran antara Israel dan Hamas.

Pesawat militer Amerika Serikat (AS) mulai melakukan serbuan udara pertama ribuan paket makanan ke Gaza, dan militer Yordania dan Mesir juga mengumumkan bahwa mereka melakukan serbuan udara.

Layanan Tindakan Luar Negeri Uni Eropa menyatakan bahwa tanggung jawab atas krisis ini terletak pada pembatasan yang diberlakukan oleh pasukan Israel dan gangguan oleh ekstremis kekerasan dalam penyediaan bantuan kemanusiaan.

Warga di utara Gaza mengatakan bahwa mereka sudah mencari-cari tumpukan puing dan sampah untuk mencari makanan bagi anak-anak mereka yang hampir tidak makan satu kali sehari. Banyak keluarga sudah mulai mencampur makanan hewan dan burung dengan biji-bijian untuk membuat roti. Pejabat bantuan internasional menyatakan bahwa mereka menghadapi kelaparan bencana.

"Kami mati kelaparan," kata Soad Abu Hussein, seorang janda dan ibu dari lima anak yang mencari perlindungan di sebuah sekolah di kamp pengungsi Jabaliya.

Setidaknya 10 anak-anak meninggal karena kelaparan, menurut catatan rumah sakit di Gaza, kata Organisasi Kesehatan Dunia.

Utara Gaza menanggung beban berat konflik yang dimulai ketika kelompok militan Hamas meluncurkan serangan ke Israel selatan pada 7 Oktober, menewaskan 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menawan sekitar 250 sandera.

Baca Juga: Israel Akui Menembak Mati Lebih 100 Warga Gaza di Konvoi Bantuan, Berkilah Membela Diri

Jasad warga sipil Gaza yang ditembak Israel saat datangnya bantuan makanan minggu lalu.  (Sumber: Anadolu)

Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan jumlah kematian Palestina akibat perang telah mencapai 30.320 warga sipil, mengatakan perempuan dan anak-anak sekitar dua pertiga dari jumlah yang tewas.

Di kota paling selatan Gaza, Rafah, di mana lebih dari setengah penduduk wilayah itu mencari perlindungan, serangan udara Israel pada hari Sabtu melukai tenda di luar rumah sakit Emirati, menewaskan 11 orang dan melukai sekitar 50 orang, termasuk pekerja kesehatan, kata Kementerian Kesehatan Gaza.

Serangan udara, laut, dan darat Israel menghancurkan sebagian besar utara Gaza yang padat penduduk. Militer meminta warga Palestina untuk bergerak ke selatan, tetapi diperkirakan ada sebanyak 300.000 orang yang tetap tinggal.

Sekitar satu dari enam anak di bawah usia 2 tahun di utara menderita malnutrisi akut dan kelaparan, "tingkat malnutrisi anak terburuk di mana pun di dunia," kata Carl Skau, wakil direktur eksekutif Program Pangan Dunia, pekan ini.

"Jika tidak ada perubahan, kelaparan akan segera terjadi di utara Gaza."



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x