Kompas TV internasional kompas dunia

Dari Putin hingga PM Inggris, Ini Daftar Pemimpin Dunia yang Sudah Ucapkan Selamat ke Prabowo

Kompas.tv - 19 Februari 2024, 06:00 WIB
dari-putin-hingga-pm-inggris-ini-daftar-pemimpin-dunia-yang-sudah-ucapkan-selamat-ke-prabowo
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto bersama Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) di sela peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 TNI. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sejumlah kepala negara dan perwakilan pemerintahan di dunia telah menyampaikan selamat kepada Prabowo Subianto atas hasil Pilpres 2024. Presiden Rusia Vladimir Putin, Perdana Menteri Inggris Raya Rishi Sunak, hingga Perdana Menteri Australia Anthony Albanese.

Prabowo saat ini unggul jauh dibanding rival-rivalnya di Pilpres 2024 berdasarkan berbagai hasil hitung cepat (quick count) dan pengitungan sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU). Berdasarkan penghitungan sementara KPU dengan suara dari 66,61 persen TPS masuk, Prabowo-Gibran tercatat unggul hingga 57,95 persen suara.

Prabowo pun diprediksi akan memenangkan Pilpres 2024 bersama Gibran Rakabuming Raka. Proses penghitungan suara oleh KPU sendiri akan dirampungkan melalui rekapitulasi berjenjang yang diperkirakan akan selesai pada Maret 2024.

Baca Juga: Pemilu 2024 di Luar Negeri, PPLN: Prabowo-Gibran Menang 61,6 Persen di Timor Leste

Berikut daftar pemimpin pemerintahan atau perwakilan pemerintahan yang telah mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto terkait hasil Pilpres 2024.

Daftar pemimpin yang ucapkan selamat ke Prabowo Subianto

PM Australia Anthony Albanese

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese segera mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto sehari usai pemungutan suara. Albanese mengaku menelepon Prabowo dan ingin segera bekerja sama dengan pemimpin Indonesia yang baru.

"Saya merasa terhormat menjadi pemimpin asing pertama yang berbicara hari ini dengan Prabowo yang unggul jauh dalam penghitungan (suara) resmi dan tidak resmi, tentang ambisi saya untuk masa depan hubungan Australia-Indonesia," kata Albanese melalui media sosial X, Kamis (15/2/2024).

"Saya ingin segera bekerja sama dengan presiden baru Indonesia usai dilantik pada Oktober 2024," lanjutnya.

PM Singapura Lee Hsien Loong

Sekretaris Pers Kantor PM Singapura Chang Li mengungkapkan bahwa PM Lee Hsien Loong telah mengucapkan selamat kepada Prabowo. Menurut Chang, PM Lee sudah berbicara langsung dengan Prabowo pada Kamis (15/2).

Lee dan Prabowo disebut membicarakan hubungan bilateral yang kuat antara Indonesia dengan Singapura. Keduanya juga sepakat untuk mengidentifikasi bidang kerja sama baru yang sama-sama menguntungkan.

PM Republik Ceko Petr Fiala

PM Republik Ceko Petr Fiala mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto pada Rabu (14/2) malam waktu Indonesia. Fiala memberi selamat ke Prabowo yang menurutnya telah memenangkan Pilpres 2024.

"Selamat kepada H.E. (Yang Mulia) Prabowo Subianto karena memenangkan Pemilihan Presiden Indonesia 2024. Mengingat kunjungan saya ke negara Anda yang indah kurang dari setahun lalu, izinkan saya mendoakan Anda transisi yang mulus dan juga menyampaikan kesiapan kami memperkuat hubungan bilateral antara dua negara kita," kata Fiala via X.

PM Malaysia Anwar Ibrahim



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x