Kompas TV internasional kompas dunia

Mesir Tegaskan Tetap Setia pada Perjanjian Damai dengan Israel meski Rafah Diserang Habis

Kompas.tv - 13 Februari 2024, 07:29 WIB
mesir-tegaskan-tetap-setia-pada-perjanjian-damai-dengan-israel-meski-rafah-diserang-habis
Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry, hari Senin (12/2/2024) menegaskan Mesir tetap setia pada perjanjian damai dengan Israel. Sebelumnya dua pejabat Mesir dan satu diplomat Barat memberitahu media Barat bahwa Mesir mungkin akan membatalkan perjanjian damai jika Israel menyerang Rafah. (Sumber: Anadolu)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

ISTANBUL, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry menegaskan Mesir tetap setia pada perjanjian damai dengan Israel, Senin (12/2/2024). Sebelumnya, dua pejabat Mesir dan satu diplomat Barat memberitahu media Barat bahwa Mesir mungkin akan membatalkan perjanjian damai jika Israel menyerang Rafah.

Shoukry menyampaikan, "Ada perjanjian damai antara Mesir dan Israel yang telah berlangsung selama 40 tahun terakhir. Kami menjalaninya dengan keyakinan dan efektivitas, dan kami akan terus melakukannya di tahap ini."

Pernyataan ini disampaikan Shoukry dalam konferensi pers bersama dengan rekan sejawatnya dari Slovenia, Tanja Fajon, di Ibu Kota Ljubljana, seperti yang dilaporkan Anadolu pada Senin malam (12/2).

Pernyataan ini muncul menyusul laporan sebelumnya dari media AS yang menyebutkan bahwa Kairo mengancam akan menghentikan perjanjian damainya dengan Israel sebagai respons terhadap rencana serangan darat di kota Rafah, dekat perbatasan Mesir.

Perjanjian Camp David tahun 1979, yang ditandatangani oleh Mesir dan Israel, mengakibatkan penarikan mundur Israel dari Semenanjung Sinai.

Shoukry menjelaskan, Mesir saat ini tengah berusaha melakukan mediasi antara Hamas dan Israel untuk membebaskan sandera dan memungkinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza.

Militer Israel berencana meluncurkan serangan darat di Rafah, yang dihuni oleh lebih dari 1,4 juta penduduk yang mencari perlindungan dari konflik. Israel menyebutnya sebagai tindakan terakhir untuk mengatasi sisa "batalion Hamas."

Baca Juga: Mesir Ancam Israel jika Serang Rafah, Bakal Hentikan Kesepakatan Damai dengan Zionis

Sebagian kamp pengungsi di Rafah, Gaza Palestina, dekat perbatasan Mesir. Menlu Mesir Sameh Shoukry hari Senin (12/2/2024) menegaskan Mesir tetap setia pada perjanjian damai dengan Israel. Sebelumnya dua pejabat Mesir dan satu diplomat Barat memberitahu media Barat bahwa Mesir mungkin akan membatalkan perjanjian damai jika Israel menyerang Rafah. (Sumber: Anadolu)

Warga Palestina mencari perlindungan di Rafah sejak Israel memulai serangan di Gaza sejak 7 Oktober. Serangan tersebut telah membunuh lebih dari 28.340 orang warga sipil Palestina di Gaza dan menyebabkan kerusakan massal serta hilangnya bahan pokok.

Dua pejabat Mesir dan seorang diplomat Barat memberitahu The Associated Press pada Minggu (11/2) bahwa Mesir mungkin akan membatalkan perjanjian damai jika Israel menyerang Rafah.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan Rafah adalah benteng terakhir Hamas dan meyakini penyerbuan pasukan darat ke Rafah diperlukan untuk mengalahkan Hamas.



Sumber : Anadolu


BERITA LAINNYA



Close Ads x