Kompas TV internasional kompas dunia

Pemilu Parlemen Pakistan Tidak Hasilkan Mayoritas, Inilah yang Akan Terjadi Selanjutnya

Kompas.tv - 13 Februari 2024, 08:14 WIB
pemilu-parlemen-pakistan-tidak-hasilkan-mayoritas-inilah-yang-akan-terjadi-selanjutnya
Layar hasil pemilu parlemen di Pakistan hari Sabtu, (10/2/2024). Hasil akhir pemilihan umum Pakistan diumumkan pada Senin, (12/1/2024), namun hingga saat ini belum ada pemenang yang diumumkan. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

ISLAMABAD, KOMPAS.TV - Hasil akhir pemilihan umum Pakistan diumumkan pada Senin, (12/1/2024), namun hingga saat ini belum ada pemenang yang diumumkan.

Sekutu mantan Perdana Menteri Imran Khan, yang saat ini tengah mendekam di penjara, berhasil meraih sebagian besar kursi di Majelis Nasional, atau dewan rendah parlemen, dalam pemungutan suara kontroversial pada Kamis lalu.

Keberhasilan ini mengejutkan, mengingat berbagai masalah yang dihadapi partai Imran Khan, Tehreek-e-Insaf Pakistan (PTI), seperti tidak adanya kampanye, tidak adanya agen pemungutan suara pada hari pemilihan, dan pembatasan internet.

PTI berhasil memenangkan 93 dari 265 kursi di Majelis Nasional. Namun, jumlah tersebut tidak mencukupi untuk membentuk pemerintahan.

Dua partai utama lainnya, yang dipimpin oleh rival-rival Khan, juga gagal mendapatkan cukup kursi untuk membentuk pemerintahan sendiri. Mereka adalah PML-N pimpinan mantan Perdana Menteri Nawaz Sharif meraih 75 kursi dan PPP yang dipimpin oleh keturunan dinasti politik Bilawal Bhutto-Zardari meraih 54 kursi parlemen.

Pemilihan perdana menteri berikutnya ditentukan oleh parlemen Pakistan, sehingga memiliki mayoritas sangat penting.

Baca Juga: Pemilu Pakistan: Mengejutkan, Partai Eks PM Imran Khan Dapat Kursi Terbanyak di Parlemen

Gohar Khan, kiri, ketua Pakistan Tehreek-e-Insaf (PTI) berbicara saat konferensi pers di Islamabad, Pakistan, Sabtu, 10 Februari 2024. Hasil akhir pemilihan umum Pakistan diumumkan pada Senin, (12/1/2024), namun hingga saat ini belum ada pemenang yang diumumkan. (Sumber: AP Photo)

Ini Kandidat yang Bersaing Berdasarkan Hasil Pemilu Parlemen

Namun, Imran Khan tidak dapat ikut serta dalam pemilihan Perdana Menteri baru, mengingat dia berada di penjara dan dilarang menjabat di jabatan publik.

PTI menyatakan tidak ingin dan tidak membutuhkan aliansi, mengklaim memiliki cukup kursi di parlemen untuk membentuk pemerintahan baru. Namun, fakta menunjukkan sebaliknya.

Analisis Azim Chaudhry menyatakan partai-partai lain memiliki "keluhan dan dendam" terhadap Khan dari masa jabatannya, dan mereka tidak bersedia berunding dengan dia karena dia sudah jelas menyatakan tidak ingin berbicara dengan mereka.

PML-N dan PPP mulai melakukan pembicaraan koalisi setelah jelas bahwa pendukung Khan unggul dalam perolehan kursi parlemen. Mereka mengklaim punya perjanjian dengan partai-partai kecil dan anggota parlemen baru, termasuk untuk pindah ke pihak mereka, demi meningkatkan jumlah kursi hingga angka mayoritas magis 169 kursi parlemen untuk membentuk pemerintahan.

Namun, sulit untuk menentukan siapa yang dapat menjadi perdana menteri dari kelompok yang beragam ini.

Orang dalam partai menurut laporan Associated Press, hari Senin, (12/2/2024) mengatakan Sharif tidak cocok untuk koalisi karena sifatnya. Saudara lelakinya, Shehbaz, memimpin koalisi setelah Khan digulingkan dari kekuasaan dan dianggap lebih bersedia berkompromi.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x