Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Kembali Hantam Ukraina dengan Rentetan Rudal Balistik dan Drone

Kompas.tv - 7 Februari 2024, 20:11 WIB
rusia-kembali-hantam-ukraina-dengan-rentetan-rudal-balistik-dan-drone
Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan api di sebuah gedung apartemen setelah terjadinya serangan Rusia di Kiev, Ukraina, Rabu, 7 Februari 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

KIEV, KOMPAS.TV - Rusia kembali meluncurkan serangan dengan peluru kendali, rudal balistik, dan drone tipe Shahed, ke enam wilayah dan tiga kota besar Ukraina, Rabu pagi (7/2/2024). Hal itu diungkapkan otoritas Ukraina.

Pihak Ukraina mengatakan serangan tersebut menewaskan setidaknya lima warga sipil dan melukai hampir 40 orang lainnya, termasuk seorang wanita hamil.

Serangan menyasar tiga kota besar termasuk Kiev, saat diplomat tertinggi Uni Eropa, Josep Borrell, tengah membahas bantuan militer dan dukungan keuangan bagi Ukraina.

Borrell menyatakan ia memulai hari di tempat perlindungan udara, menyebutnya sebagai bagian dari "realitas harian" Ukraina setelah hampir dua tahun perang berkecamuk.

Bantuan dari Barat sangat dibutuhkan oleh Ukraina yang menghadapi kekurangan amunisi dan personel.

Beberapa sumber pendanaan asing jangka panjang juga diragukan akan mengucur karena upaya terbaru untuk mencapai kesepakatan mengenai bantuan bagi Ukraina di Senat Amerika Serikat, gagal pada Selasa (6/2/2024).

Meskipun garis depan sepanjang sekitar 1.500 kilometer hampir tidak bergeser dalam beberapa bulan terakhir, pasukan Rusia memiliki keunggulan dalam stok peluru kendali dan amunisi artileri yang digunakan untuk serangan jarak jauh.

Rusia secara berkala menggunakan peluru kendali untuk menghantam sasaran sipil selama konflik.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menyatakan bulan lalu, prioritas utama Kiev adalah sistem pertahanan udara dan perang elektronik yang dapat menghentikan drone.

Baca Juga: Ukraina di Ujung Tanduk, Rencana Bantuan AS ke Kiev Gagal Total di Kongres gara-gara Tekanan Trump

Petugas sedang memadamkan gedung yang terbakar di Kiev akibat serangan Rusia, Rabu (7/2/2024). (Sumber: AP Photo)

Angkatan Bersenjata Ukraina mengeklaim berhasil mencegat 44 drone dan peluru kendali dari total 64 yang diluncurkan dalam serangan pada Rabu pagi.

Menurut Layanan Kedaruratan Negara Ukraina, hujan ledakan menewaskan empat orang di Kiev.

Gubernur Wilayah, Vitalii Kim, mengatakan serangan juga merenggut nyawa seorang pria di Mykolaiv, sebuah kota di selatan Ukraina, di mana sekitar 20 bangunan hunian dan infrastruktur publik mengalami kerusakan.

Wali Kota Kiev Vitalii Klitschko mengatakan 35 orang terluka, termasuk seorang wanita hamil, di kotanya.

Dia menambahkan, beberapa gedung apartemen terbakar di sejumlah distrik Kiev. Dua saluran listrik rusak selama serangan. Akibatnya, sekitar 20.000 rumah tangga di sepanjang tepi timur Kiev tanpa aliran listrik.

Di Kharkiv, di bagian timur laut Ukraina, seorang wanita berusia 52 tahun mengalami luka ringan dalam serangan rudal S-300, ujar Gubernur Wilayah Oleh Syniehubov.

Peluru kendali juga dilaporkan menghantam Lviv di bagian barat Ukraina, menyebabkan kebakaran, kata pejabat setempat.


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x