Kompas TV internasional kompas dunia

California Bahas Legalisasi Terapi Medis Gunakan Zat Psikedelik, Jamur Ajaib Segera Menjadi Obat Sah

Kompas.tv - 6 Februari 2024, 22:24 WIB
california-bahas-legalisasi-terapi-medis-gunakan-zat-psikedelik-jamur-ajaib-segera-menjadi-obat-sah
Seorang pedagang di Los Angeles mengemas jamur ajaib berkandungan psilosibin. Dua legislator negara bagian California, Amerika Serikat hari Selasa, (6/2/2024) mengajukan RUU bipartisan yang akan mengizinkan orang berusia 21 tahun ke atas mengkonsumsi jamur psikedelik secara medis. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

SACRAMENTO, KOMPAS.TV - Zat psikedelik seperti yang didapat dari jamur ajaib atau magic mushroom dan zat lain kemungkinan akan sah menjadi obat dan bagian dari terapi medis di California, Amerika Serikat.

Dua legislator negara bagian California, Amerika Serikat hari Selasa, (6/2/2024) mengajukan RUU bipartisan yang akan mengizinkan orang berusia 21 tahun ke atas mengkonsumsi jamur psikedelik secara medis di bawah pengawasan profesional, sebagai bagian dari agenda untuk mengatasi krisis kesehatan mental dan penyalahgunaan zat di negara bagian tersebut.

Langkah ini dilakukan setelah Gubernur asal kubu Demokrat Gavin Newsom tahun lalu menolak legislasi yang akan mendekriminalisasi kepemilikan dan penggunaan pribadi beberapa halusinogen berbasis tumbuhan, termasuk jamur psikedelik.

Ini merupakan kali pertama usulan dari Senator Demokrat Scott Wiener berhasil melewati legislatif setelah bertahun-tahun terhenti. Dalam pesan veto-nya, Newsom, yang memperjuangkan legalisasi ganja pada tahun 2016, meminta para legislator untuk mengembangkan pedoman terapeutik dan regulasi.

Sekarang, Wiener bekerja sama dengan anggota parlemen negara bagian dari Partai Republik, Marie Waldron, dalam sebuah proposal yang memungkinkan partisipan mengonsumsi psilosibin, komponen halusinogenik dalam apa yang dikenal sebagai jamur psikedelik, di bawah pengawasan seorang terapis berlisensi.

Rancangan undang-undang ini juga akan mencakup dimetiltriptamin (DMT), MDMA, dan mescaline.

Colorado dan Oregon telah mendekriminalisasi jamur psikedelik dan membentuk sistem teratur untuk penggunaan terapeutik dari substansi tersebut.

California, San Francisco, Oakland, dan Santa Cruz efektif telah mendekriminalisasi kepemilikan jamur psikedelik, yang berarti seseorang tidak dapat ditangkap atau diadili karena memiliki jumlah terbatas dari halusinogen berbasis tumbuhan.

“Kami tahu penduduk California sedang menghadapi tantangan kesehatan mental dan kecanduan, dan kami tahu zat psikedelika, terutama ketika dikombinasikan dengan dukungan terapeutik, dapat menjadi alat yang kuat untuk membantu orang mendapatkan kesehatan mereka kembali,” kata Wiener dalam konferensi pers hari Senin, (5/2/2024).

“Kami tahu bahwa veteran tentara dan petugas pemadam kebakaran California telah mendapat manfaat khusus dari zat-zat ini, dan kami tahu bahwa banyak orang lain juga dapat demikian.”

Baca Juga: Makan Jamur Liar yang Tumbuh di Halaman Rumah, Satu Keluarga Keracunan

Tanaman kecubung yang dapat memberikan efek halusinasi dan mabuk jika dikonsumsi secara langsung. Kecubung adalah salah satu halusinogen yang kerap digunakan di Indonesia. Dua legislator negara bagian California, Amerika Serikat hari Selasa, (6/2/2024) mengajukan RUU bipartisan yang akan mengizinkan orang berusia 21 tahun ke atas mengkonsumsi jamur psikedelik secara medis. (Sumber: Kompas.com)

Waldron, yang memperkenalkan sebuah rancangan undang-undang berbeda untuk mempelajari penggunaan terapi psikedelik, mengatakan rancangan undang-undang bipartisan ini sejalan dengan visi Newsom untuk memberikan perlindungan di sekitar terapi psikedelik.

Seseorang harus melalui skrining medis menyeluruh untuk menentukan apakah mereka cocok mengonsumsi halusinogen untuk terapi dan melakukan penilaian lanjutan.

Rancangan undang-undang ini juga akan mengubah respons negara terhadap krisis kesehatan mental dari kebijakan kriminalisasi dan hukuman, kata Waldron.

California sudah memiliki "jaringan besar" terapis bawah tanah yang menyediakan terapi psikedelik, kata Wiener. Dia menambahkan rancangan undang-undang ini akan "membawa mereka (terapis bawah tanah) ke permukaan" melalui dewan lisensi negara baru yang mengatur layanan tersebut.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x