Kompas TV internasional kompas dunia

Mipig Cafe Menjamur di Jepang, Pengunjung Bisa Bermain dan Memangku Babi Mikro

Kompas.tv - 31 Januari 2024, 08:22 WIB
mipig-cafe-menjamur-di-jepang-pengunjung-bisa-bermain-dan-memangku-babi-mikro
Pelanggan sedang menikmati keakraban dengan babi mikro di Mipig Cafe, Tokyo, Jepang, Rabu (24/1/2024). (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

TOKYO, KOMPAS.TV - Awalnya ada kafe yang memperbolehkan hewan peliharaan masuk. Kemudian datanglah kafe kucing, di mana cappuccino harus bersaing dengan interaksi bersama kucing. Kehebohan terbaru di Jepang: Kafe Babi.

"Sangat indah. Sangat santai dan menyenangkan," kata Brad Loomis, seorang insinyur perangkat lunak dari Pullman, Washington, Amerika Serikat, setelah mengunjungi Mipig Cafe di Tokyo bersama putrinya yang berusia 21 tahun, Paige, seperti dilaporkan Associated Press, Selasa (30/1/2024).

Loomis dan Paige termasuk puluhan pengunjung pada suatu pagi baru-baru ini, ber-selfie dengan senyum lebar. Babi-babi cebol berlenggang mondar-mandir di dalam ruangan kafe, mencari pangkuan yang nyaman untuk bersantai.

Babi-babi ini cukup tenang, meskipun sesekali ngorok. Mereka tidak suka sendirian, sehingga menjadi teman yang baik dan ceria. Berbeda dengan stereotipe yang ada tentang babi, mereka sangat bersih dan tidak berbau.

Pelanggan harus membayar 2.200 yen atau sekitar Rp236.000 untuk 30 menit pertama bersama babi-babi ini. Pengunjung harus melakukan reservasi sebelum datang untuk sekadar ngopi dan bercengkerama bersama babi kecil berukuran mikro.

"Setiap babi unik. Masing-masing punya tabiat dan kepribadian sendiri. Anda mungkin melihat satu yang keras kepala dan yang lainnya bertabiat lembut," kata Shiho Kitagawa, seorang eksekutif di Mipig yang menyebut babi-babi ini dengan "buta-san," sebutan hormat.

Mipig Cafe yang terletak di kawasan modis Harajuku, adalah satu dari sepuluh cabang kafe babi yang ada di seluruh Jepang.

Yang pertama dibuka di Tokyo pada tahun 2019. Dua lagi akan dibuka tahun ini..

Hewan-hewan ini, dikenal sebagai "babi mikro," tidak lebih besar dari anjing corgi, bahkan saat dewasa. Kafe juga menampilkan bayi-bayi babi yang ukurannya sebesar anjing poodle.

Baca Juga: Bikin Heboh! Kafe Ini Ngaku Jual Latte Berbahan Dasar ASI seharga Rp123 Ribu

Para pelanggan bermain dengan babi mikro di Mipig Cafe di Tokyo, Jepang, Rabu (24/1/2024). (Sumber: AP Photo)

Para pecinta babi mengatakan mamalia itu adalah hewan peliharaan yang hebat. Babi-babi mikro di Mipig Cafe dapat dibeli dengan harga 200.000 yen atau sekitar Rp21,4 juta. Mereka sudah terlatih untuk buang air dan terbiasa bersama manusia.

Mipig yang juga menyediakan pakan untuk babi mikro, mengeklaim telah menjual 1.300 ekor.

Mesin penjual minuman berada di pojok kafe, tetapi hampir tidak ada pengunjung yang memesan minuman karena terlalu sibuk bermain bersama babi-babi kecil berukuran mikro.

Para turis asing yang berkunjung mengatakan mereka mengetahui kafe tersebut dari Instagram dan media sosial lainnya. Kafe ini tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memasang iklan.

Mereka pun memastikan untuk mampir ke kafe tersebut, di samping tempat-tempat wisata biasa seperti ibu kota kuno Kyoto, kata mereka.

Ben Russell dari Australia semringah ketika seekor babi akhirnya naik ke pangkuannya. Katanya, meskipun ini pertemuan pertamanya dengan babi sungguhan, babi selalu menjadi hewan favoritnya, entah mengapa.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x