Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu Pakistan dan Iran Berbicara usai Kontroversi Serangan Udara, Indikasikan Deeskalasi Ketegangan

Kompas.tv - 20 Januari 2024, 01:30 WIB
menlu-pakistan-dan-iran-berbicara-usai-kontroversi-serangan-udara-indikasikan-deeskalasi-ketegangan
Menlu Pakistan dan Iran berbicara melalui telepon hari Jumat, (19/1/2024) membahas situasi terkini setelah kedua negara melancarkan serangan udara. (Sumber: Anadolu)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

ISLAMABAD, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Pakistan dan Iran berbicara melalui telepon, membahas situasi terkini setelah kedua negara melancarkan serangan udara terhadap "teroris" di wilayah masing-masing, Jumat (19/1/2024).

Melansir Anadolu, Menlu Pakistan Jalil Abbas Jilani menginformasikan rekan sejawatnya dari Iran, Hossein Amir-Abdollahian, bahwa negaranya siap bekerja sama dengan Iran. 

"Menteri Luar Negeri Jilani menyatakan kesiapan Pakistan untuk bekerja sama dengan Iran dalam semua isu berdasarkan semangat saling percaya dan kerja sama. Dia menekankan perlunya kerja sama yang lebih erat dalam isu keamanan," kata Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Pakistan di media sosial X.

Sebelumnya, pejabat senior Pakistan mengatakan kepada Anadolu bahwa kedua menteri luar negeri akan berbicara hari Jumat sebagai bagian dari upaya untuk menurunkan ketegangan yang sedang berlangsung antara kedua negara.

Hari Kamis, Pakistan menyatakan telah meluncurkan serangkaian "serangan militer presisi yang sangat terkoordinasi dan ditargetkan secara khusus" terhadap "sarang teroris" di Provinsi Sistan-Baluchestan Iran, yang menewaskan sejumlah orang.

Langkah ini diambil setelah Iran pada Selasa melancarkan serangan di Pakistan yang ditujukan kepada apa yang dijelaskan sebagai basis kelompok militan Jaish al-Adl di kota perbatasan Panjgur di Balochistan, yang menyebabkan kecaman keras dari Islamabad.

Pakistan juga menarik pulang duta besarnya dan menangguhkan kunjungan tingkat tinggi dengan Teheran.

Baca Juga: Pakistan Kirim Serangan Balasan ke Iran, Pemberontak Baluchistan Nyatakan Perang

Pakistan mengutuk keras serangan udara Iran di dalam perbatasannya yang menyebabkan dua anak tewas pada Selasa (16/1/2024). (Sumber: AP Photo)

Diplomat senior Pakistan dan Iran hari Jumat juga menunjukkan adanya tanda-tanda penurunan ketegangan setelah kedua negara melancarkan serangan udara terhadap "teroris" di wilayah masing-masing.



Sumber : Anadolu


BERITA LAINNYA



Close Ads x