Kompas TV internasional kompas dunia

Israel dan AS Terkaget-kaget sekaligus Terkesan oleh Kualitas dan Kerumitan Terowongan Hamas di Gaza

Kompas.tv - 17 Januari 2024, 16:09 WIB
israel-dan-as-terkaget-kaget-sekaligus-terkesan-oleh-kualitas-dan-kerumitan-terowongan-hamas-di-gaza
Militer Israel dan sekutunya, Amerika Serikat, kaget dengan kualitas dan kerumitan terowongan Hamas di Gaza. Satu terowongan di Jalur Gaza cukup lebar untuk pejabat tinggi Hamas mengemudi mobil. Terowongan lain membentang hampir tiga kali lapangan sepak bola panjangnya dan tersembunyi. (Sumber: The New York Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

TEL AVIV, KOMPAS.TV – Militer Israel dan sekutunya, Amerika Serikat (AS), kaget dengan kualitas dan kerumitan terowongan Hamas di Gaza. Satu terowongan di Jalur Gaza cukup lebar untuk pejabat tinggi Hamas mengemudi mobil. Terowongan lain membentang hampir tiga kali lapangan sepak bola panjangnya dan tersembunyi di bawah sebuah rumah sakit.

Di bawah rumah seorang komandan senior Hamas, militer Israel menemukan tangga spiral yang mengarah ke terowongan sekitar tujuh lantai dalamnya.

Detail-detail ini dan informasi baru mengenai terowongan, sebagian diumumkan oleh militer Israel dan didokumentasikan melalui video dan foto. Informasi detail ini menekankan mengapa terowongan tersebut dianggap sebagai ancaman besar bagi militer Israel di Gaza, bahkan sebelum perang dimulai, seperti laporan The New York Times, Selasa (16/1/2024).

Namun, pejabat-pejabat Israel dan prajurit yang sejak itu berada di dalam terowongan, serta pejabat AS yang berpengalaman di wilayah tersebut, baik yang masih menjabat maupun yang sudah pensiun, mengatakan cakupan, kedalaman, dan kualitas terowongan yang dibangun oleh Hamas telah membuat mereka terkesan.

Bahkan beberapa peralatan yang digunakan Hamas untuk membangun terowongan, yang terlihat dalam video yang direkam, membuat militer Israel terkejut.

Militer Israel kini meyakini ada jauh lebih banyak terowongan di dalam bumi Gaza. Pada bulan Desember, jaringan tersebut diperkirakan memiliki panjang sekitar 402 kilometer (km).

Pejabat senior pertahanan Israel, yang berbicara dengan syarat anonim untuk membahas masalah intelijen, saat ini memperkirakan jaringan terowongan Hamas memiliki panjang antara 563 km dan 724 km, angka luar biasa untuk sebuah wilayah yang pada titik terpanjangnya hanya memiliki panjang 40 km.

Dua pejabat tersebut juga memperkirakan ada sekitar 5.700 jalur bawah tanah terpisah yang mengarah ke terowongan.

Angka-angka tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen, dan terdapat perkiraan yang bervariasi oleh pejabat-pejabat Israel mengenai cakupan jaringan terowongan, berdasarkan intelijen yang berbeda.

Namun, upaya besar Hamas untuk memilitarisasi enklave tersebut tidak dapat disangkal, begitu pula kegagalan intelijen militer Israel dalam menilai sejauh mana dan seberapa pentingnya jaringan tersebut bagi kelangsungan hidup Hamas.

Baca Juga: Setelah Israel, Afrika Selatan Bersiap Seret AS dan Inggris ke Mahkamah Internasional

Militer Israel dan sekutunya, Amerika Serikat (AS), kaget dengan kualitas dan kerumitan terowongan Hamas di Gaza. Satu terowongan di Jalur Gaza cukup lebar untuk pejabat tinggi Hamas mengemudi mobil. Terowongan lain membentang hampir tiga lapangan sepak bola panjangnya dan tersembunyi. (Sumber: the New York Times)

Dalam pertemuan pada Januari 2023, seorang pejabat militer Israel teratas mengatakan terowongan Hamas bahkan tidak akan menjadi faktor dalam perang masa depan dengan Hamas karena ukuran kekuatan militer Israel, menurut transkrip diskusi yang ditinjau oleh The New York Times.

"Hamas menggunakan waktu dan sumber daya selama 15 tahun terakhir untuk mengubah Gaza menjadi benteng," kata Aaron Greenstone, seorang mantan petugas CIA yang banyak bekerja di Timur Tengah.

Bagi militer Israel, terowongan tersebut merupakan mimpi buruk bawah tanah dan inti dari kemampuan bertahan Hamas. Setiap tujuan strategis Israel di Gaza sekarang terkait dengan menghapus terowongan tersebut.

Dr Daphne Richemond-Barak, seorang ahli perang terowongan di Universitas Reichman di Israel, mengatakan, "Jika Anda ingin menghancurkan kepemimpinan dan gudang senjata Hamas, Anda harus menghancurkan terowongan. Ini telah terkait dengan setiap bagian dari misi militer."

Hamas menginvestasikan secara besar-besaran dalam terowongan karena mereka tidak punya sumber daya atau jumlah untuk melawan militer Israel dalam perang konvensional.



Sumber : The New York Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x