Kompas TV internasional kompas dunia

Penerus Dinasti Politik Kennedy Jadi Capres AS, Tantang Trump dan Biden

Kompas.tv - 4 Januari 2024, 20:21 WIB
penerus-dinasti-politik-kennedy-jadi-capres-as-tantang-trump-dan-biden
Keponakan mantan Presiden John F. Kennedy sekaligus anak Jaksa Agung Robert F. Kennedy, Robert F. Kennedy Jr. ketika berkampanye di Salt Lake City, negara bagian Utah, Amerika Serikat (AS), Rabu (4/1/2024). (Sumber: Hannah Schoenbaum/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Robert F. Kennedy Jr. resmi menjadi calon presiden Amerika Serikat (AS) melalui jalur independen, Rabu (3/1/2024). Kepastian ini didapat usai Kennedy Jr. dinyatakan lolos persyaratan kandidat presiden di negara bagian Utah.

Setiap negara bagian di AS menetapkan syarat berbeda-beda untuk meraih akses pencalonan (ballot access) selain syarat adminstratif. Banyak negara bagian yang menetapkan bakal kandidat mengumpulkan tanda tangan pendukung dalam jumlah tertentu dan membayar biaya pencalonan.

Robert F. Kennedy Jr., keponakan dari mantan presiden AS, John F. Kennedy, berhasil mengumpulkan 1.000 tanda tangan pendukung untuk memenuhi syarat pencalonan di Utah.

Baca Juga: Pemimpin Muslim AS Serukan Tak Pilih Joe Biden di 2024, Gegara Gagal Bikin Gencatan Senjata di Gaza

Keturunan dinasti politik Kennedy itu pun mengincar akses pencalonan di negara-negara bagian lain untuk menyaingi Donald Trump dan Joe Biden di Pilpres AS 2024 mendatang. Juru bicara kampanye Kennedy Jr., Stefanie Spear menyebut pihaknya kemudian akan berusaha meloloskan diri di negara bagian Arizona.

Kennedy Jr. sendiri mengkritik halangan yang dihadapi kandidat independen untuk mengamankan pencalonan di banyak negara bagian. Ia menyebut sistem elektoral ini membuat aksi menentang dominasi Republikan dan Demokrat nyaris tidak mungkin.

"Proses ini memaksa kami membangun pasukan sekarang. Dan kami akan memiliki pasukan yang lebih baik di jalanan dan parit pada November 2024," kata Kennedy Jr. dikutip Associated Press.

Robert F. Kennedy Jr. merupakan mantan politikus Demokrat yang keluar pada 2023 lalu untuk mencalonkan diri sendiri. Anak dari mantan Jaksa Agung AS Robert F. Kennedy ini meraih popularitasnya ketika pandemi Covid-19 melanda Negeri Paman Sam.

Robert F. Kennedy Jr. dikenal giat menyebarkan teori-teori konspirasi seputar Covid-19, termasuk menolak vaksin. Ia dikenal punya basis massa kuat di kalangan anti-vaksin.

Meskipun demikian, belum jelas berapa negara bagian di AS yang akan meloloskan pencalonan Robert F. Kennedy Jr. Kendati memiliki peluang menang yang tipis, kandidat independen seperti Robert dinilai dapat memecah suara yang diperebutkan Biden dan Trump di Pilpres AS 2024 mendatang. 

Baca Juga: Donald Trump Dicoret dari Daftar Capres AS oleh MA Colorado, Dikaitkan Pemberontakan Konstitusi


 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x