Kompas TV internasional kompas dunia

Ini Dia Unta Tercantik di Dunia Bernama Massakata, Pemenang Kontes Kecantikan Unta di Arab Saudi

Kompas.tv - 2 Januari 2024, 08:30 WIB
ini-dia-unta-tercantik-di-dunia-bernama-massakata-pemenang-kontes-kecantikan-unta-di-arab-saudi
Seekor unta cantik jelita asal Wales, Inggris, bernama Massakata atau Si Pendiam, meraih predikat unta tercantik di dunia dalam kontes kecantikan unta yang digelar di Arab Saudi hari Senin, (1/1/2024). (Sumber: Arab News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

AL SAYAHID, KOMPAS.TV - Seekor unta asal Wales, Inggris, bernama Massakata atau Si Pendiam, meraih predikat unta tercantik di dunia dalam kontes kecantikan unta yang digelar di Arab Saudi, Senin (1/1/2024).

Individu dari 40 negara bersaing dengan unta mereka dalam kontes kecantikan unta yang digelar Organisasi Unta Internasional di Festival Unta Raja Abdulaziz yang ke-8 di Al-Sayahid, Sabtu (30/12/2023).

Dengan semangat "Kemuliaan bagi rakyatnya," unta dari berbagai usia ikut serta bersaing sengit dalam kontes tersebut. Festival ini dimulai pada 1 Desember 2023 akan berakhir pada 15 Januari 2024 di Arab Saudi.

Shafiq Khan, unta asal Wales, meraih tempat pertama. Untanya, "Massakata," yang berarti "si pendiam," meraih tempat pertama setelah lehernya yang jenjang dan panjang berwarna putih membetot perhatian penonton.

Khan memberi tahu Arab News betapa ramahnya masyarakat Saudi dan betapa senangnya dia melihat begitu banyak jenis unta.

"Jadi, saya selalu punya banyak cinta untuk unta, tetapi kita tidak bisa melihatnya di Inggris; mereka tidak punya unta di sana. Saya hanya merasa melihat unta di sini membawa warisan sejati Arab Saudi dan membuat Anda merasa seolah-olah Anda kembali bertahun-tahun ke belakang dalam sejarah," kata Khan.

"Dia cantik; dia putih; dialah unta terbaik dan dia nomor satu hari ini," kata Khan. "Dia telah bekerja keras, dijaga, dirawat, dan dia melakukan apa yang harus dia lakukan hari ini. Dia datang sebagai juara, dan dia pergi sebagai juara."

"Melihat bagaimana unta dan membaca tentang mereka, dan bagaimana saya mendapatkan informasi tentang mereka, ada cara tertentu yang mereka lihat tentang kepala mereka, leher mereka, tubuh mereka dan segalanya, dan ketika saya melihatnya, saya pikir, dia yang paling pantas," Khan menambahkan.

Baca Juga: Kontes Unta Tercantik Sejagad Digelar di Arab Saudi Berhadiah USD26 Juta, Siapakah Unta Tercantik?

Tiga pemenang kontes unta tercantik di dunia yang digelar di Arab Saudi, Desember 2023. Seekor unta cantik jelita asal Wales, Inggris, bernama Massakata atau Si Pendiam, meraih predikat unta tercantik di dunia dalam kontes kecantikan unta yang digelar di Arab Saudi hari Senin, (1/1/2024). (Sumber: Arab News)

Denis Pan Fode, seorang Inggris, meraih tempat kedua dengan unta abu-abu berusia empat tahun yang disebut "Rolex."

"Saya kaget bahwa Rolex, unta berusia empat tahun dengan sikap yang baik dan atribut lainnya, tidak meraih tempat pertama. Kami menyebut unta itu 'Rolex' seperti jam tangan, yang abadi dan mengingatkan saya pada jam tangan terbaik sepanjang masa. Saya sedikit terkejut itu (Rolex) tidak menduduki peringkat pertama, tetapi begitulah cara kerja berbagai hal. Dia (Rolex) punya sikap yang begitu elegan dan santai yang bisa Anda lihat di sana," kata Pan Fode.

Bally Binji, juga dari Inggris, meraih tempat ketiga dengan unta putihnya yang disebut "Jathaba," yang diterjemahkan sebagai "Dia yang Menawan" dalam bahasa Arab. Binji menyatakan kekecewaannya bahwa Wales, bukan Inggris, yang meraih tempat pertama dalam kompetisi tersebut.

Wales dan Inggris secara konsisten bersaing dalam olahraga seperti rugby dan sepak bola, sehingga kontes unta merupakan area baru dalam persaingan.

"Meskipun lebih baik menjadi yang pertama, rasanya luar biasa untuk menduduki tempat ketiga. Namun, Inggris dan Wales, atau lebih tepatnya, Inggris dan Wales, jelas adalah rival. Oleh karena itu, unta ini elegan dan berwarna putih. Mengingat unta tempat pertama dan ketiga keduanya berwarna putih, perlombaan itu sangat ketat," kata Binji kepada Arab News.

Untuk mendorong partisipasi internasional dan memberi lebih banyak orang kesempatan untuk ikut serta, banyak putaran kompetitif telah disertakan.

Arab Saudi menetapkan tahun 2024 sebagai Tahun Unta sebagai respons terhadap minat yang berkembang di Kerajaan dalam melestarikan warisan nasional dan Arab.


 



Sumber : Arab News


BERITA LAINNYA



Close Ads x