Kompas TV internasional kompas dunia

PBB Umumkan Pemulihan Ransum Makanan Pengungsi Rohingya di Bangladesh Usai Wabah Malnutrisi Akut

Kompas.tv - 2 Januari 2024, 06:35 WIB
pbb-umumkan-pemulihan-ransum-makanan-pengungsi-rohingya-di-bangladesh-usai-wabah-malnutrisi-akut
Pengungsi Rohingya di Cox Bazar, Bangladesh. Program Pangan Dunia PBB WFP hari Senin, (1/1/2024) mengumumkan akan meningkatkan ransum makanan untuk semua pengungsi Rohingya di Cox's Bazar, beberapa bulan setelah pemotongan bantuan yang parah menyebabkan lonjakan malnutrisi di kamp-kamp pengungsi. (Sumber: Antara Foto via Reuters)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

DHAKA, KOMPAS.TV - Program Pangan Dunia PBB WFP hari Senin, (1/1/2024) mengumumkan akan meningkatkan ransum makanan untuk semua pengungsi Rohingya di Cox's Bazar, beberapa bulan setelah pemotongan bantuan yang parah menyebabkan lonjakan malnutrisi di kamp-kamp pengungsi.

Pada awal tahun ini, WFP mengurangi bantuan makanan untuk Rohingya sebesar 33 persen menjadi $8 per bulan per orang, dengan alasan kurangnya pendanaan, meskipun malnutrisi sudah merajalela di kamp-kamp Cox's Bazar, seperti laporan Arab News, Senin, (1/1/2024).

“Tahun 2023 adalah tahun yang penuh gejolak bagi Rohingya di Bangladesh, yang harus menghadapi beberapa kebakaran, bencana alam, dan, untuk pertama kalinya, pemotongan ransum. Perburukan cepat situasi pangan dan gizi di kamp-kamp sangat mengkhawatirkan,” kata Dom Scalpelli, direktur negara WFP di Bangladesh.

Bantuan makanan WFP dipangkas dua kali pada 2023, pertama bulan Maret dari US$12 menjadi US$10 per orang per bulan, dan kemudian pada Juni menjadi US$8.

Badan PBB tersebut hari Minggu mengumumkan akan mengembalikan bantuan makanan yang sangat penting menjadi $10 per orang per bulan mulai 1 Januari 2024. Untuk mengembalikan bantuan ke jumlah penuh, WFP mengatakan perlu US$61 juta untuk mengisi kesenjangan pendanaan saat ini.

Malnutrisi adalah masalah utama di Cox's Bazar bahkan sebelum pemotongan ransum, dengan sekitar 40 persen anak di bawah 5 tahun mengalami malnutrisi kronis, dan 12 persen mengalami malnutrisi akut.

“Kami melihat peningkatan tajam dalam kasus malnutrisi akut berat dan malnutrisi akut sedang di antara Rohingya,” kata Dr. Abu Toha Bhuyan, koordinator kesehatan dengan Komisi Bantuan Pengungsi dan Repatriasi Bangladesh.

Baca Juga: Polda Aceh Menjamin Keamanan Pengungsi Rohingya di Aceh


“Jumlah US$8 per bulan sangat rendah untuk kebutuhan makan satu orang. Akibatnya, situasi gizi menjadi sangat tidak seimbang. Anak-anak dan lansia terutama terkena dampak malnutrisi.”

Penurunan bantuan makanan juga mempengaruhi tingkat kekebalan populasi Rohingya, kata Bhuyan.

“Jika orang memiliki kekebalan tubuh yang baik, mereka lebih sedikit terinfeksi oleh berbagai penyakit menular. Di sini, kami mengalami peningkatan penyakit menular di antara Rohingya karena kekebalan mereka terkompromi akibat asupan makanan yang lebih sedikit ... Malnutrisi juga secara serius memengaruhi pertumbuhan anak-anak.”

Situasi sulit ini adalah kenyataan sehari-hari bagi Monowara Begum, yang memiliki tiga anak.

“Sangat sulit untuk mengelola makanan untuk keluarga saya dengan jumlah yang sedikit ini ... Dengan jumlah makanan yang lebih sedikit, anak-anak saya menjadi sangat kurus dan menderita berbagai penyakit, seperti flu, batuk, diare, sepanjang tahun,” kata wanita berusia 41 tahun itu.

“Semua ini terjadi karena malnutrisi dan kekebalan yang lebih rendah. Pertumbuhan mereka juga terpengaruh, meskipun mereka berada pada usia pertumbuhan,” katanya.

“Sebagai seorang ibu, sangat tidak tahan bagi saya melihat anak-anak saya kelaparan sebagian besar hari. Saya merasa sangat sedih dengan situasi ini.”



Sumber : Arab News


BERITA LAINNYA



Close Ads x