Kompas TV internasional kompas dunia

Netanyahu Berterima Kasih ke AS atas Penjualan Senjata dan Amunisi Terbaru Serta Dukungan di DK PBB

Kompas.tv - 31 Desember 2023, 15:10 WIB
netanyahu-berterima-kasih-ke-as-atas-penjualan-senjata-dan-amunisi-terbaru-serta-dukungan-di-dk-pbb
Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan PM Israel Benjamin Netanyahu di Bandara Ben Gurion, Tel Aviv, (18/10/2023). Netanyahu, hari Sabtu (30/12/2023) berterima kasih kepada pemerintah Joe Biden atas dukungan terus-menerus dalam serangan ke Gaza, termasuk persetujuan penjualan senjata yang baru, kedua kalinya bulan ini, serta upaya mencegah resolusi DK PBB yang mendesak gencatan senjata segera. (Sumber: AP Photo/Evan Vucci)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

DEIR AL-BALAH, KOMPAS.TV - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, hari Sabtu (30/12/2023) mengucapkan terima kasih kepada pemerintahan Joe Biden di Amerika Serikat atas dukungannya yang terus-menerus kepada Israel dalam serangan ke Gaza, termasuk persetujuan penjualan senjata yang baru, kedua kalinya bulan ini, serta upaya mencegah resolusi Dewan Keamanan PBB yang mendesak gencatan senjata segera.

Netanyahu hari Sabtu (30/12/2023) menyatakan perang Israel melawan Hamas di Gaza akan terus berlanjut selama beberapa bulan ke depan.

"Ini sebagai respons terhadap desakan gencatan senjata internasional setelah meningkatnya jumlah korban sipil, kelaparan, dan pengungsian massal di Gaza," sebagaimana laporan Associated Press, Minggu (31/12/2023).

Israel berpendapat mengakhiri perang sekarang akan menjadi kemenangan bagi Hamas. Posisi ini juga didukung oleh pemerintahan Biden, meskipun sekaligus mendesak Israel untuk lebih berhati-hati dalam melindungi warga sipil Palestina.

Perang ini membuat sekitar 85% dari 2,3 juta penduduk Gaza mengungsi, menciptakan gelombang warga mencari perlindungan di area yang diakui oleh Israel sebagai zona aman. Ironisnya, zona ini juga menjadi target serangan militer. Ini menyisakan perasaan bahwa tidak ada tempat yang aman di enklave kecil Gaza.

Lebih Banyak Senjata AS untuk Israel

Departemen Luar Negeri AS hari Jumat mengumumkan Menteri Luar Negeri Antony Blinken telah menyetujui penjualan senilai $147,5 juta untuk perlengkapan, termasuk sumbu, muatan, dan pelontar yang diperlukan untuk proyektil 155 mm yang telah dibeli oleh Israel sebelumnya.

Ini adalah kedua kalinya bulan ini pemerintahan Biden melanggar prosedur Kongres untuk menyetujui penjualan senjata darurat kepada Israel. Pada 9 Desember, Blinken juga menyetujui penjualan senilai lebih dari $106 juta untuk amunisi tank.

Kedua keputusan ini diambil ketika permintaan Presiden Joe Biden untuk paket bantuan sekitar $106 miliar untuk Ukraina, Israel, dan kebutuhan keamanan nasional lainnya tetap terhenti di Kongres, tertahan dalam perdebatan tentang kebijakan imigrasi dan keamanan perbatasan AS.

Beberapa anggota Kongres Demokrat telah mengusulkan bahwa bantuan sebesar $14,3 miliar untuk sekutu di Timur Tengah ini harus tergantung pada langkah-langkah konkrit oleh pemerintahan Netanyahu untuk mengurangi korban sipil di Gaza selama konflik dengan Hamas.

Baca Juga: Netanyahu Paksakan Israel Berkuasa di Perbatasan Gaza-Mesir, Langsung Ancam Iran

PM Israel Benjamin Netanyahu mengatakan dirinyalah satu-satunya yang dapat mencegah pembentukan negara Palestina. (Sumber: Politico)

Kronologi Perang

Blinken, yang telah beberapa kali melakukan perjalanan ke Timur Tengah selama perang, diharapkan kembali ke Israel dan negara-negara tetangga pada bulan Januari. Meskipun pejabat AS mendorong Israel untuk beralih dari pertempuran intensif ke operasi yang lebih terfokus, mereka tidak menetapkan batas waktu.

Netanyahu menegaskan Israel memerlukan waktu lebih lama, "Seperti yang dikatakan kepala staf minggu ini, perang ini akan berlanjut beberapa bulan ke depan," katanya dalam konferensi pers televisi hari Sabtu.

"Kebijakan saya jelas. Kami akan terus berjuang hingga kami mencapai semua tujuan perang, terutama pemusnahan Hamas dan pembebasan semua sandera," kata Netanyahu.

Lebih dari 120 sandera masih ditahan di Gaza, setelah militan merebut lebih dari 240 orang pada serangan 7 Oktober yang juga menewaskan sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil.

Netanyahu juga berselisih dengan pemerintahan Biden mengenai pengelolaan Gaza setelah perang. Dia menolak ide bahwa pemerintahan Palestina yang bersatu harus mengelola baik Gaza maupun sebagian dari Tepi Barat yang diduduki Israel sebagai tahap menuju kemerdekaan eventual.

Sebaliknya, ia menuntut kontrol keamanan Israel yang tak terbatas di Gaza, tanpa memberikan rincian tentang langkah selanjutnya.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x