Kompas TV internasional kompas dunia

Rusia Minta Bukti sebelum Jelaskan Obyek Tak Dikenal yang Masuk ke Ruang Udara Polandia

Kompas.tv - 31 Desember 2023, 10:25 WIB
rusia-minta-bukti-sebelum-jelaskan-obyek-tak-dikenal-yang-masuk-ke-ruang-udara-polandia
Panglima militer Polandia Jenderal Wieslaw Kukula. Rusia hari Sabtu, (30/12/2023) menegaskan tidak akan menjelaskan objek tak dikenal yang masuk udara Polandia sebelum menerima bukti  objek tersebut adalah rudal Rusia. Militer Polandia mengatakan objek itu masuk 40 km ke Polandia dari Ukraina hari Jumat, (29/12/2023) sebelum keluar beberapa menit kemudian dan menghilang dari radar. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Deni Muliya

WARSAW, KOMPAS.TV - Pihak Rusia menegaskan tidak akan menjelaskan objek tak dikenal yang masuk udara Polandia, sebelum menerima bukti objek tersebut adalah rudal Rusia.

Militer Polandia mengatakan, objek itu masuk 40 kilometer ke Polandia dari Ukraina pada hari Jumat (29/12/2023) sebelum keluar beberapa menit kemudian dan menghilang dari radar.

Panglima militer Polandia, Jenderal Wiesław Kukuła mengatakan, semuanya menunjukkan itu adalah rudal Rusia, seperti dilaporkan Associated Press pada Minggu (31/12/2023).

Kementerian Luar Negeri Polandia menuntut penjelasan dari Moskow.

Charge d'affaires Rusia di Warsawa, Andrei Ordash mengatakan kepada agensi berita negara Rusia RIA Novosti, klaim Polandia tidak dapat dipertanggungjawabkan.

"Kami tidak akan memberikan penjelasan apa pun sampai kami disajikan dengan bukti konkret, karena tuduhan ini tidak dapat dipertanggungjawabkan," kata Ordash kepada RIA Novosti, Sabtu (30/12/2023).

Sebanyak 500 pasukan Pertahanan Teritorial Polandia menjelajahi area antara kota Zamosc dan perbatasan dengan Ukraina.

Mereka mencari jejak objek pada hari Sabtu lalu, namun tidak ditemukan hal mencurigakan itu.

Perbatasan Polandia dengan Ukraina juga merupakan perbatasan Uni Eropa dan NATO dengan Ukraina.

Baca Juga: Rusia Klain Tembak Jatuh 32 Drone Tak Berawak Ukraina



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x