Kompas TV internasional kompas dunia

Ukraina Mulai Rayakan Natal Hari Ini 25 Desember, Bukan 7 Januari Seperti Tradisi Ortodoks Rusia

Kompas.tv - 25 Desember 2023, 08:00 WIB
ukraina-mulai-rayakan-natal-hari-ini-25-desember-bukan-7-januari-seperti-tradisi-ortodoks-rusia
Banyak warga Ukraina akan merayakan Hari Natal pada 25 Desember untuk pertama kalinya, setelah pemerintah mengubah tanggal dari perayaan Gereja Ortodoks pada 7 Januari, sebagai tindakan untuk menjadi berbeda dengan perayaan Gereja Ortodoks Rusia. (Sumber: Al-Jazeera)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

KIEV, KOMPAS.TV – Banyak warga Ukraina akan merayakan Hari Natal pada hari ini 25 Desember 2023 untuk pertama kalinya, setelah pemerintah mengubah tanggal dari perayaan Gereja Ortodoks pada 7 Januari, sebagai tindakan untuk menjadi berbeda dengan perayaan Gereja Ortodoks Rusia.

Pada bulan Juli, Ukraina meloloskan undang-undang yang memindahkan perayaan Natal ke tanggal 25 Desember, hari di mana sebagian besar dunia Kristen merayakan Natal.

Undang-undang yang ditandatangani oleh Presiden Volodymyr Zelensky mencatat warga Ukraina ingin mengarungi kehidupan mereka sendiri dengan tradisi dan hari libur mereka sendiri.

"Undang-undang ini memungkinkan mereka mengabaikan warisan Rusia yang memaksakan perayaan Natal pada 7 Januari," tambahnya.

Zelensky, dalam pesan Natal yang dirilis pada malam 24 Desember, mengatakan "seluruh warga Ukraina bersatu. Kita semua merayakan Natal bersama-sama. Pada tanggal yang sama, sebagai satu keluarga besar, sebagai satu bangsa, sebagai satu negara yang bersatu."

Di pelabuhan Laut Hitam selatan Odesa, jemaat berdoa dan menyalakan lilin saat imam berpakaian emas mengadakan ibadah Malam Natal di Katedral Kelahiran, yang dihiasi dengan pohon cemara dan adegan kelahiran.

"Kami percaya kita benar-benar harus merayakan Natal bersama seluruh dunia, jauh dari, jauh dari Moskow. Bagi saya, itu adalah pesan baru sekarang," kata seorang jemaat yang tersenyum, Olena, yang putranya adalah seorang petugas medis di garis depan.

"Kami benar-benar ingin merayakannya dengan cara baru. Ini adalah hari libur bersama seluruh Ukraina, dengan Ukraina kita yang independen. Ini sangat penting bagi kami," katanya seperti laporan France24, Minggu (24/12).

Baca Juga: NYELENEH! Ukraina Pindahkan Tanggal Hari Natal Agar Tak Sama dengan Rusia, Alasannya Cuma karena Ini

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengucapkan selamat natal pada 24 Desember 2023. Pada bulan Juli, Ukraina meloloskan undang-undang yang memindahkan perayaan tersebut ke tanggal 25 Desember, hari di mana sebagian besar dunia Kristen merayakan Natal. (Sumber: Ukraine Presidential Office)

Menolak warisan Rusia

Sebagian besar gereja Kristen Timur menggunakan kalender Julian, di mana Natal jatuh pada 7 Januari, daripada kalender Gregorian yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan oleh gereja Barat.

Zelenskyy menandatangani undang-undang pada bulan Juli yang memindahkan perayaan ke tanggal 25 Desember, mengatakan hal ini memungkinkan warga Ukraina "mengabaikan warisan Rusia yang memaksakan perayaan Natal pada 7 Januari."

Perubahan tanggal ini merupakan bagian dari upaya cepat sejak invasi untuk menghapus jejak-jejak Kekaisaran Rusia dan Soviet, seperti mengganti nama jalan dan menghapus monumen.

Gereja Ortodoks Ukraina secara resmi memisahkan diri dari Gereja Ortodoks Rusia atas aneksasi Crimea oleh Moskow pada tahun 2014 dan dukungannya terhadap pemberontak di Ukraina timur.

Kekristenan adalah agama terbesar di Ukraina, dengan Gereja Ortodoks Rusia mendominasi kehidupan keagamaan sampai saat ini. Seperti Gereja Rusia, sebagian besar gereja Kristen Timur menggunakan kalender Julian, yang berasal dari zaman Romawi, daripada kalender Gregorian yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Perubahan tanggal ini merupakan bagian dari upaya cepat sejak invasi untuk menghapus jejak-jejak Kekaisaran Rusia dan Soviet, seperti mengganti nama jalan dan menghapus monumen.

Gereja Ortodoks Ukraina, gereja independen yang baru dibentuk dan mengadakan ibadah pertamanya pada tahun 2019, juga telah mengubah tanggal Natalnya menjadi 25 Desember.

Baca Juga: AS Tak Pedulikan Surat Gereja Betlehem Minta Gencatan Senjata di Gaza, Dibalas dengan Veto di PBB

Banyak warga Ukraina akan merayakan Hari Natal pada 25 Desember untuk pertama kalinya, setelah pemerintah mengubah tanggal dari perayaan Gereja Ortodoks pada 7 Januari. (Sumber: The Messenger)


Sumber : France24 / Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x