Kompas TV internasional kompas dunia

Rumah Sakit Indonesia Dijadikan Markas Militer Tentara Israel, Wapres: Itu Melanggar Aturan!

Kompas.tv - 23 Desember 2023, 19:00 WIB
rumah-sakit-indonesia-dijadikan-markas-militer-tentara-israel-wapres-itu-melanggar-aturan
Wakil Presiden RI Maruf Amin saat menyampaikan pidato di agenda Anugerah Revolusi Mental di Jakarta, Rabu (20/12/2023). (Sumber: Sekretariat Wakil Presiden RI via Antara)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

SURABAYA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin menyebut Israel melanggar aturan karena menduduki Rumah Sakit Indonesia di Gaza dan menjadikannya sebagai markas militer.

Seperti yang diketahui, penyerangan terjadi di Rumah Sakit Indonesia di Gaza yang kemudian dirampas dan dijadikan markas militer oleh tentara Israel. 

Atas tindakan ini, Pemerintah Indonesia telah mengeluarkan protes karena Israel sudah melanggar aturan, terutama terkait hukum humaniter internasional yang melarang serangan terhadap fasilitas medis yang digunakan untuk merawat korban perang.

Saat ditemui dalam kunjungan kerjanya di Surabaya, Jawa Timur, Ma'ruf Amin mengecam perampasan Rumas Sakit Indonesia tersebut.

Wapres menyebut Israel telah melakukan pelanggaran etik yang serius.

"Saya kira itu tidak etislah," kata Ma'ruf Amin dalam acara pelantikan Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) di Surabaya, Sabtu (23/12/2023).

"Mestinya rumah sakit dibiarkan melayani korban-korban yang menderita itu. Jangan jadi markas tentara."

Baca Juga: Rumah Sakit Indonesia Umumkan Selesai Evakuasi Penuh, Gaza Utara Kian Kosong Fasilitas Kesehatan

"Saya kira itu melanggar aturan," tegas Wapres.

Saat ditanya bagaimana sikap Pemerintah Indonesia, Wapres Ma'ruf menegaskan sudah melayangkan protes karena rumah sakit adalah fasilitas untuk pelayanan masyarakat.

"Pemerintah sih protes, karena itu kan fasilitas pelayanan untuk masyarakat," ucapnya.


Kabar Rumah Sakit Indonesia dijadikan sebagai markas militer Israel diungkapkan oleh Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia pada Rabu (20/12/2023) lalu.

MER-C mengatakan, Israel yang berhasil merampas Rumah Sakit Indonesia di Gaza utara kemudian menggunakannya sebagai markas militer.

Padahal sebelumnya pada 6 November 2023, Israel menuduh Hamas menggunakan RS Indonesia sebagai markas dan memiliki terowongan di bawahnya.

Hal tersebut kemudian dibantah oleh MER-C secara diplomatis dan teknis. Akan tetapi saat ini, justru Israel menduduki Rumah Sakit Indonesia dan menjadikannya sebagai markas militer bagi tentara Zionis. 

Baca Juga: Kisah Pembunuhan Perempuan Gaza oleh Tentara Israel Saat Menyerbu Rumah Sakit Indonesia

 

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x