Kompas TV internasional kompas dunia

Cerita AS Akhirnya Dukung Resolusi PBB Terkait Gaza, Ternyata karena Ada Perubahan

Kompas.tv - 23 Desember 2023, 11:25 WIB
cerita-as-akhirnya-dukung-resolusi-pbb-terkait-gaza-ternyata-karena-ada-perubahan
Duta Besar Amerika Serikat untuk PBB Linda Thomas-Greenfield berbicara selama pertemuan Dewan Keamanan, Jumat, 11 Maret 2022, di markas besar PBB. (Sumber: UNTV via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

NEW YORK, KOMPAS.TV - Amerika Serikat (AS) akhirnya dukung resolusi PBB terkait Gaza untuk segera memberikan aliran bantuan kemanusiaan ke Gaza.

Dewan Keamanan PBB akhirnya menyetujui resolusi bantuan ke Gaza, setelah sepekan perundingan dan amandemen substansial.

Hal itu termasuk seruan untuk “penangguhan segera permusuhan” atau gencatan senjata.

Baca Juga: Indonesia Kena Imbas Sanksi AS ke Jaringan Penyuplai Produksi Drone Iran, Kok Bisa?

Pemungutan suara mengenai resolusi tersebut ditunda selama empat hari beruntun hingga Jumat (22/12/2023), setelah negoasiasi hingga larut malam.

Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mengatakan AS dan negara-negara Arab telah menghasilkan versi yang diubah, dan bisa didukung Washington.

“Kami siap memilihnya. Dan itu adalah resolusi yang akan memberikan banytuan kemanusiaan bagi yang membutuhkan,” kata Thomas-Greenfield dikutip dari The Guardian.

“Hal ini akan mendukung prioritas Mesir dalam memastikan bahwa kami menerapkan mekanisme yang akan mendukung bantuan kemanusiaan, dan kami siap untuk bergerak maju,” ujarnya.

Dalam draft awal resolusi, seruan penangguhan segera permusuhan untuk mengizinkan bantuan kemanusiaan telah diubah.

Digantikan dengan seruan untuk langkah-langkah mendesak untuk sesegera memungkinkan akses kemanusiaan yang aman dan tanpa hambatan, dan juga menciptakan kondisi bagi penghentian permusuhan yang berkelanjutan.

Sebuah bagian dari resolusi itu menyerukan kepada Sekjen PBB untuk membentuk sebuah mekanisme yang secara eksklusif bertanggung jawab membantu pengiriman bantuan juga telah diubah.

Bagian tersebut menjadi menyerukan penunjukan koordinator senior kemanusiaan dan rekonstruksi yang bertanggung jawab memfasilitasi, mengoordinasikan, memantau, dan memverifikasi di Gaza, jika diperlukan, sifat kemanusiaan dari semua kiriman bantuan.

Baca Juga: Israel Jatuhkan Ratusan Bom Berkekuatan Besar ke Gaza di Awal Perang, Terburuk Sejak Perang Vietnam

Koordinator ini akan ditunjuk secepatnya menetapkan mekanisme PBB untuk mempercepat penyediaan kiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza.


Kegiatan itu sambil berkonsultasi dengan semua pihak terkait, yang merujuk terutama ke Israel.

Rancangan resolusi tersebut menuntut pihak-pihak yang berkonflik untuk bekerja sama dengan koordinator untuk memenuhi mandat mereka tanpa penundaan atau hambatan.



Sumber : The Guardian


BERITA LAINNYA



Close Ads x