Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sissi Menangkan Pilpres dengan 89.6% Suara, Raih Masa Jabatan Ketiga

Kompas.tv - 18 Desember 2023, 23:50 WIB
presiden-mesir-abdel-fattah-el-sissi-menangkan-pilpres-dengan-89-6-suara-raih-masa-jabatan-ketiga
Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sissi memenangkan pemilihan untuk masa jabatan ketiga selama enam tahun, mencatat kemenangan telak, mengamankan 89.6% suara. (Sumber: AP Photo/Vadim Girda)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

KAIRO, KOMPAS.TV - Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sissi, yang memerintah dengan penuh kendali selama sembilan tahun terakhir, berhasil memenangkan pemilihan untuk masa jabatan ketiga selama enam tahun, demikian diumumkan oleh otoritas pemilihan Senin, (18/12/202). Dia bersaing dengan tiga calon yang hampir tidak dikenal.

El-Sissi mencatat kemenangan telak, mengamankan 89.6% suara, kata Otoritas Pemilihan Nasional Mesir. Partisipasi mencapai 66.8% dari lebih dari 67 juta pemilih terdaftar, seperti dilaporkan oleh Associated Press.

"Persentase pemilihannya tertinggi dalam sejarah Mesir," demikian diumumkan oleh Hazem Badawy, kepala komisi pemilihan, dalam konferensi pers yang disiarkan langsung.

Pemilihan ini menjadi bayang-bayang oleh perang Israel-Hamas di Gaza di perbatasan timur Mesir, yang mengancam untuk berkembang menjadi kekacauan regional yang lebih luas.

Negara Afrika Utara ini juga tengah mengalami krisis ekonomi, dengan inflasi bulanan melonjak di atas 30%.

Selama 22 bulan terakhir, pound Mesir telah kehilangan 50% nilainya terhadap dolar, dengan sepertiga dari 105 juta penduduk negara itu sudah hidup dalam kemiskinan, menurut angka resmi.

Sebagai sekutu kunci di wilayah itu, el-Sissi menghadapi kritik internasional terkait catatan hak asasi manusia Mesir dan tindakan kerasnya terhadap oposisi.

Baca Juga: Presiden Mesir dan Presiden AS: Warga Gaza Tak Boleh Dipindahkan

Piramida di Mesir. Negara Mesir kembali akan dipimpin Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sissi yang memenangkan pemilihan untuk masa jabatan ketiga selama enam tahun. (Sumber: AP Photo/Hassan Ammar, File)

Seorang tentara karier, el-Sissi, sebagai menteri pertahanan, memimpin kudeta militer 2013 terhadap presiden Islamis yang terpilih namun kontroversial, di tengah protes jalanan melawan pemerintahannya yang berlangsung satu tahun.

El-Sissi pertama kali terpilih sebagai presiden pada pertengahan 2014, lalu terpilih kembali pada 2018. Setahun kemudian, amendemen konstitusi disetujui dalam referendum umum, menambah dua tahun pada masa jabatan kedua el-Sissi, dan memungkinkannya maju untuk periode ketiga selama enam tahun.

Kemenangannya dalam pemilihan terakhir ini dianggap sebagai kesimpulan yang sudah pasti. Tiga lawannya adalah tokoh politik marginal yang jarang terlihat selama kampanye pemilihan.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x