Kompas TV internasional kompas dunia

Publik Israel Memanas Usai Tiga Sandera Warganya di Gaza Ditembak Mati Militer Mereka Sendiri

Kompas.tv - 18 Desember 2023, 22:39 WIB
publik-israel-memanas-usai-tiga-sandera-warganya-di-gaza-ditembak-mati-militer-mereka-sendiri
Situasi Israel memanas saat masyarakat Israel terkejut dan terdiam ketika tiga sandera Israel yang ditahan oleh Hamas tewas dieksekusi mati oleh pasukan Israel sendiri di tengah zona perang setelah mereka mengibarkan bendera putih dan berteriak minta diselamatkan dalam bahasa Ibrani untuk menunjukkan bahwa mereka tidak membahayakan. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

TEL AVIV, KOMPAS.TV - Dalam pelanggaran hukum internasional yang menggemparkan, sandera Israel mengalami nasib tragis saat menyerah, hanya untuk dieksekusi oleh militer mereka sendiri. Insiden memilukan ini membongkar kejahatan perang yang mengusik, memicu kecaman global dan tuntutan pertanggungjawaban.

Situasi memanas saat masyarakat Israel terkejut dan terdiam ketika tiga sandera Israel yang ditahan oleh Hamas tewas dieksekusi mati oleh pasukan Israel sendiri di tengah zona perang setelah mereka mengibarkan bendera putih dan berteriak minta diselamatkan dalam bahasa Ibrani untuk menunjukkan bahwa mereka tidak membahayakan, seperti laporan Associated Press, Senin, (18/12/2023).

Bagi sebagian orang, insiden ini adalah contoh yang mengejutkan dari kekejaman perang, di mana medan perang yang kompleks dan berbahaya tidak aman bagi siapa pun. Tetapi bagi para kritik, insiden ini menyoroti apa yang mereka sebut sebagai kebijakan dan perilaku Israel yang kejam terhadap warga Palestina secara berlebihan. Namun, dalam kasus ini, nyawa tiga warga Israel yang berusaha keras menyelamatkan diri diputuskan secara mendadak.

“Ini memilukan, tetapi tidak mengherankan,” kata Roy Yellin, direktur hubungan masyarakat dari kelompok hak asasi manusia Israel, B’Tselem. “Selama bertahun-tahun, kami mendokumentasikan berbagai kejadian orang yang dengan jelas menyerah namun masih ditembak mati.”

Yellin mengatakan pembunuhan itu melanggar etika militer dasar dan hukum internasional yang melarang menembak pada orang yang mencoba menyerah, baik sebagai lawan atau bukan. Tetapi dia mengatakan itu adalah bagian dari kecenderungan panjang dari kekerasan berlebihan yang sebagian besar tidak dihukum, yang dalam beberapa minggu terakhir merugikan warga Israel sendiri.

Menurut pejabat militer, ketiga sandera, semua pria berusia 20-an, muncul dari sebuah bangunan dekat posisi tentara Israel di kawasan Shijaiyah, Kota Gaza, di mana pasukan Israel bertempur melawan militan Hamas dalam pertempuran sengit.

Mereka mengibarkan bendera putih dan tanpa baju, mungkin mencoba menunjukkan bahwa mereka tidak membahayakan. Dua di antaranya tewas seketika, dan yang ketiga berlari kembali ke dalam bangunan sambil berteriak meminta pertolongan dalam bahasa Ibrani. Komandan memberikan perintah untuk menghentikan tembakan, tetapi tembakan lain membunuh pria ketiga, demikian kata pejabat tersebut.

Baca Juga: Serangan Brutal Israel di RS Gaza: Anjing Pemburu Serang Warga yang Terluka

Situasi Israel memanas saat masyarakat Israel terkejut dan terdiam ketika tiga sandera Israel yang ditahan oleh Hamas tewas dieksekusi mati oleh pasukan Israel sendiri di tengah zona perang setelah mereka mengibarkan bendera putih dan berteriak minta diselamatkan dalam bahasa Ibrani untuk menunjukkan bahwa mereka tidak membahayakan. (Sumber: AP Photo)

Kepala angkatan bersenjata Israel, Letnan Jenderal Herzi Halevi, mengatakan sandera "melakukan segala yang mungkin" untuk menunjukkan bahwa mereka tidak membahayakan, tetapi tentara bertindak "saat pertempuran dan dalam tekanan."

Pada hari Minggu, Halevi meninjau peraturan kontak tembak, mengatakan larangan menembak pada mereka yang menyerah harus juga berlaku untuk warga Palestina.




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x