Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu Retno Temui UNHCR di Swiss Bahas Pengungsi Rohingya, Ini Hasilnya

Kompas.tv - 13 Desember 2023, 12:35 WIB
menlu-retno-temui-unhcr-di-swiss-bahas-pengungsi-rohingya-ini-hasilnya
 Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi bertemu dengan petinggi UNHCR untuk membahas isu pengungsi Rohingya di Indonesia. (Sumber: Twitter/Menlu_RI)
Penulis : Dian Nita | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menemui Komisioner Tinggi PBB untuk Pengungsi atau UNHCR Filippo Grandi untuk membahas isu pengungsi Rohingya di Aceh.

Pertemuan Menlu Retno dengan petinggi UNHCR itu dilaksanakan di Jenewa, Swiss pada Senin (11/12/2023).

Kepada Grandi, Retno berbicara secara terbuka mengenai tantangan yang dihadapi Indonesia saat ini dengan kedatangan pengungsi Rohingya yang bertubi-tubi.

Menurut Retno, terdapat dugaan kuat bahwa masalah pengungsi Rohingya di Indonesia terkait aktivitas penyelundupan dan perdagangan manusia.

Baca Juga: Polemik Pengungsi Rohingya, Pemerintah Provinsi Aceh, Riau dan Sumatera Utara Akan Bekerja Sama

"Di dalam pembicaraan empat mata yang dilakukan dengan sangat terbuka tersebut dengan Komisioner Tinggi UNHCR, beliau sangat memahami tantangan yang dihadapi Indonesia," kata Menlu Retno dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/12), dikutip dari Antara.

Ia menyebut Grandi berjanji UNHCR akan berusaha semaksimal mungkin membantu untuk menyelesaikan masalah pengungsi Rohingya.

Salah satunya, dengan memberikan bantuan untuk mendukung kehidupan para pengungsi tersebut.

“Saya juga menyampaikan kepada UNHCR untuk terus mendesak negara pihak Konvensi Pengungsi untuk segera mulai menerima resettlement sehingga beban tidak bergeser ke negara lain seperti Indonesia,” tutur Retno.




Sumber : Kompas TV, Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x