Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Jokowi Bertemu Presiden Kazakhstan di Dubai

Kompas.tv - 4 Desember 2023, 00:35 WIB
presiden-jokowi-bertemu-presiden-kazakhstan-di-dubai
Presiden RI Joko Widodo bertemu dengan Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev saat menghadiri peringatan Hari Nasional Uni Emirat Arab (UEA) di Jubilee Park, Dubai, Sabtu (2/12/2023) malam waktu setempat. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

DUBAI, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo bertemu dengan Presiden Kazakhstan Kassym-Jomart Tokayev saat menghadiri peringatan Hari Nasional Uni Emirat Arab (UEA) di Jubilee Park, Dubai, Sabtu (2/12/2023) malam waktu setempat. Jokowi sendiri berada di UEA untuk mengadiri World Climate Action Summit (WCAS).

Duta Besar RI untuk Kazakhstan Fadjroel Rahman mengapresiasi pertemuan kedua pemimpin tersebut di Dubai. Sebelumnya, ketika bertemu Jokowi di Istana Merdeka, Januari lalu, Fadjroel telah menyampaikan salam dari Tokayev untuk Jokowi.

Baca Juga: Jokowi dan Sekjen PBB Bahas Situasi di Gaza, Indonesia Dukung Investigasi Pelanggaran Israel

"Kami senang dengan pertemuan tersebut sebagai langkah awal untuk pertemuan yang lebih strategis ke depannya," kata Fadjroel dalam keterangan yang diterima Kompas TV, Minggu (3/12). 

"Ada banyak potensi yang bisa dikembangkan oleh kedua negara yang tahun ini memperingati 30 tahun hubungan diplomatik," ujarnya.

Indonesia sendiri telah memiliki sejumlah kerja sama dengan Kazakhstan. Ibu kota Kazakhstan, Astana pun menjadi twin city pertama bagi Ibu Kota Negar (IKN) Nusantara.


Sister twin capital city antara Nusantara dan Astana ditandatangani pada tanggal 3 Juli 2023 oleh Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono bersama-sama dengan Gubernur Ibu Kota Astana Zhenis Kassymbek.

Baca Juga: Jokowi Bertemu PM Norwegia di Dubai, Bahas Deforestasi dan Keadilan Informasi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x