Kompas TV internasional kompas dunia

AS Peringatkan Israel: Patuhi Hukum Internasional dan Warga Sipil Palestina Dilindungi

Kompas.tv - 2 Desember 2023, 08:44 WIB
as-peringatkan-israel-patuhi-hukum-internasional-dan-warga-sipil-palestina-dilindungi
Menlu AS Antony Blinken berbicara dengan Menhan Israel Yoav Gallan di Tel Aviv. Presiden Amerika Serikat Joe Biden akan ke Israel dan Yordania hari Rabu, (18/10/2023) untuk bertemu pemimpin Israel dan Arab, di tengah melonjaknya kekhawatiran bahwa perang Israel dan Hamas bisa berkembang menjadi konflik regional yang lebih besar. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

TEL AVIV, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Anthony Blinken memperingatkan Israel untuk mematuhi hukum internasional saat melakukan serangan ke Hamas di Gaza.

Ia juga menyerukan agar Israel melindungi warga sipil Palestina ketika serangan tersebut dilakukan.

Pada perjalanan ketiganya ke Timur Tengah sejak perang dimulai pada 7 Oktober lalu, Blinken menegaskan AS berkomitmen melindungi hak Israel membela diri.

Baca Juga: Hamas: Israel Tolak Semua Saran Mediator untuk Perpanjang Gencatan Senjata

Namun, ia juga mengatakan sangat penting bagi Israel untuk melindungi warga sipil jika operasi militer besar dilakukan di selatan Gaza.

Pesannya itu selaras dengan perubahan retorika pemerintahan Joe Biden mengenai perang tersebut, yang awalnya merupakan tanggapan penuh Israel terhadap serangan Hamas.

Perubahan itu terjadi setelah jumlah korban sipil Palestina meningkat secara dramatis.

Jumlah korban warga sipil yang tewas dan skala kehancuran telah memicu kritik internasional yang luas, termasuk dari anggota Partai Demokrat yang dipimpin Presiden Joe Biden.

Saat perjanjian gencatan senjata Israel-Hamas ketiga yang kini telah berakhir, Blinken sempat meyakinkan Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu bahwa ia bisa mengharapkan dukungan AS.

Namun seperti dikutip dari Associated Press, Jumat (1/12/2023), ia menegaskan dukungan seperti itu membutuhkan kepatuhan Israel terhadap hukum kemanusiaan internasional.

Baca Juga: Hizbullah Sebut Israel Lanjutkan Perang di Gaza karena Keputusan Amerika Serikat

Ia juga mendesak Israel untuk mengambil tindakan mungkin dilakukan untuk menghindari kerugian dari warga sipil.


Untuk mencegah peningkatan besar lebih lanjur dari warga sipil, Blinken mengatakan ia menegaskan dengan jelas bahwa sebelum operasi apa pun yang dilakukan di Gaza selatan, harus ada rencana yang jelas yang mengutamakan perlindungan warga sipil.

Selain itu juga mempertahankan dan mengembangkan bantuan kemanusiaan yang sampai ke Gaza.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x