Kompas TV internasional kompas dunia

Pasukan Rusia Merangsek ke Avdiivka dari Segala Arah, Ukraina Ketar-Ketir

Kompas.tv - 28 November 2023, 19:12 WIB
pasukan-rusia-merangsek-ke-avdiivka-dari-segala-arah-ukraina-ketar-ketir
Seorang polisi Ukraina berlindung di depan sebuah gedung yang terbakar yang dihantam serangan udara Rusia di Avdiivka, Ukraina, Jumat, 17 Maret 2023. Pasukan Rusia meningkatkan upayanya untuk merebut Avdiivka dengan merangsek maju dari semua sisi setelah berminggu-minggu pertempuran. (Sumber: AP Photo/Evgeniy Maloletka)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

MOSKOW, KOMPAS.TV - Pasukan Rusia semakin meningkatkan upayanya untuk merebut kota Avdiivka di Ukraina timur dengan merangsek maju dari semua sisi setelah berminggu-minggu pertempuran, demikian kata pejabat tinggi kota itu, Senin (27/11/2023).

Pasukan Rusia gencar melakukan serangan darat dan udara di Avdiivka sejak pertengahan Oktober sebagai fokus gempuran mereka melalui wilayah Donbas Ukraina timur dalam perang yang sudah berlangsung selama 21 bulan.

Menurut Vitaliy Barabash, kepala administrasi militer Avdiivka, gempuran Rusia terbaru dilancarkan menyusul laporan minggu lalu bahwa pasukan Ukraina telah membuat kemajuan dalam menghentikan dan memukul mundur Rusia.

"Hal-hal di sektor Avdiivka menjadi lebih sulit. Intensitas pertempuran meningkat selama beberapa waktu ini," kata Barabash kepada media outlet Espreso TV, seperti dikutip Straits Times.

"Rusia membuka dua sektor pertempuan tambahan dari mana mereka mulai melakukan serangan - ke arah Donetsk... dan di zona industri yang disebut. Musuh berusaha menyerang kota dari semua arah," kata Barabash.

Pejabat Ukraina menyatakan tidak ada bangunan yang utuh setelah bulan-bulan pertempuran di kota tersebut yang terkenal dengan pabrik kokas yang luas. Dari 32.000 warga sebelum perang, kini hanya kurang dari 1.500 orang yang masih bertahan di Avdiivka.

Sebagian besar pertempuran difokuskan pada zona industri dan pabrik kokas.

Barabash sebelumnya mengatakan pasukan Ukraina dalam beberapa hari terakhir berhasil memukul mundur pasukan Rusia di Stepove, sebuah desa di barat laut Avdiivka, menjepit mereka di dekat jalur kereta.

Baca Juga: Rusia Tembak Jatuh Puluhan Drone Ukraina Menuju Moskow, Bandara Sempat Ditutup

Tentara Rusia menembakkan rudal anti-tank portabel di Ukraina. Pasukan Rusia meningkatkan upayanya untuk merebut Avdiivka dengan merangsek maju dari semua sisi setelah berminggu-minggu pertempuran. (Sumber: Kementerian Pertahanan Rusia via AP)


Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x