Kompas TV internasional kompas dunia

Otoritas Palestina: Bukan Hamas, Militer Israel Bantai Pengunjung Festival Musik, Netanyahu Ngamuk

Kompas.tv - 20 November 2023, 22:56 WIB
otoritas-palestina-bukan-hamas-militer-israel-bantai-pengunjung-festival-musik-netanyahu-ngamuk
Presiden Palestina, Mahmoud Abbas. (Sumber: AP Photo/Majdi Mohammed)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Deni Muliya

RAMALLAH, KOMPAS.TV - Otoritas Palestina menegaskan, Hamas bukan pelaku pembantaian pengunjung festival musik Nova di dekat Kibbutz Re’im pada 7 Oktober.

Pernyataan tersebut membuat Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengamuk terhadap Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Pada pernyataannya ke Kementerian Luar Negeri seluruh dunia dan PBB, Otoritas Palestina pada Minggu 19/11/2023), mengeklaim helikopter militer yang menyebabkan setidaknya 350 orang tewas dalam festival musik Nova tersebut.

Hamas juga membuat pernyataan bahwa jet tempur Israel yang membombardir area di dekat perbatasan Gaza, yang berujung ratusan kematian.

Baca Juga: Tiga WNI Relawan MER-C Hilang di Gaza Sejak Pekan Lalu, Menlu Retno Marsudi Janji Cari Informasi

Otoritas Palestina dan Hamas memperkuat klaim mereka lewat investigasi kepolisian Israel yang dipublikasikan media Israel.

Media Israel Haarez melaporkan, sumber kepolisian mengungkapkan, hasil investigasi insiden tersebut mengindikasikan bahwa helikopter Pasukan Pertahanan Israel (IDF) menembaki Hamas di area itu.

Namun, tembakan itu juga mengenai sejumlah warga Israel maupun pengunjung dari festival tersebut.

“Berdasarkan investigasi awal kepolisian Israel menunjukkan helikopter Israel membombardir warga sipil Israel yang berpartisipasi di festival musik pada 7 Okrober, yang berarti jet tempur Israel menyebabkan kehancuran lebih luas,” demikian bunyi pernyataan Kementerian Luar Negeri Palestina dikutip dari Ynet News.



Sumber : Ynet News


BERITA LAINNYA



Close Ads x