Kompas TV internasional kompas dunia

Geger Singa Sirkus Kabur di Italia, Melenggang Santai di Kota Pantai Italia Lebih dari 5 Jam

Kompas.tv - 13 November 2023, 03:05 WIB
geger-singa-sirkus-kabur-di-italia-melenggang-santai-di-kota-pantai-italia-lebih-dari-5-jam
Seekor singa berkeliaran di jalanan sebuah kota pantai Italia selama beberapa jam hari Sabtu malam, (11/11/2023) setelah melarikan diri dari sirkus lokal, sebelum akhirnya ditembak dengan senapan bius lalu ditangkap. (Sumber: Le Telegramme France)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

ROMA, KOMPAS.TV – Seekor singa berkeliaran di jalanan sebuah kota pantai Italia selama beberapa jam hari Sabtu malam, (11/11/2023) setelah melarikan diri dari sirkus lokal, sebelum akhirnya ditembak dengan senapan bius lalu ditangkap.

Seorang warga yang ketakutan membagikan rekaman di X, sebelumnya dikenal sebagai Twitter, yang menunjukkan binatang itu berjalan-jalan di jalanan Ladispoli, tempat tinggal sekitar 40.000 orang seperti laporan Guardian, Minggu, (12/11/2023)

Perempuan yang sedang merekam bisa terdengar berkata 'Mamma mia,' saat singa itu, yang melarikan diri dari sirkus, dengan percaya diri berjalan santai di jalan yang sepi kota Ladispoli.

Alessandro Grando, wali kota Ladispoli, dekat Roma, telah memperingatkan warga untuk tetap di rumah sementara polisi dan staf sirkus berusaha menangkap binatang itu.

Video kemudian dipublikasikan oleh media Italia, tampaknya diambil oleh warga setempat namun belum dikonfirmasi, yang menunjukkan singa dewasa berjalan melalui jalanan yang gelap dan sepi.

Baca Juga: Prancis Resmi Larang Satwa Liar Digunakan dalam Sirkus

Dalam unggahan di Facebook sekitar pukul 22.30 waktu setempat, lebih dari lima jam setelah pesannya yang pertama, Grando mengatakan bahwa singa itu telah "disedasi dan ditangkap."

Singa itu sendiri diperkirakan adalah singa Afrika yang sudah lama menjadi bagian dari sirkus dan kebetulan sedang menggelar atraksi di kota tersebut.

"Sekarang ia akan diurus oleh staf sirkus," tulisnya, berterima kasih kepada layanan darurat dan relawan yang membantu selama "jam-jam kekhawatiran besar" ini.

"Saya harap kejadian ini bisa membangkitkan beberapa hati nurani, dan bahwa kita akhirnya bisa mengakhiri eksploitasi hewan di sirkus," kata wali kota.

Mengantisipasi keluhan warga, ia sebelumnya mengatakan bahwa ia tidak memberi izin untuk keberadaan sirkus dengan singa di kota tersebut, namun juga mengatakan bahwa ia tidak memiliki kekuatan untuk melarangnya.



Sumber : Guardian / Wanted in Rome


BERITA LAINNYA



Close Ads x