Kompas TV internasional kompas dunia

7 November, Hari Wayang Nasional: Begini Asal-usul, Peran, dan Fungsinya yang Diakui oleh Dunia

Kompas.tv - 7 November 2023, 06:00 WIB
7-november-hari-wayang-nasional-begini-asal-usul-peran-dan-fungsinya-yang-diakui-oleh-dunia
Ilustrasi Wayang. Hari ini, Selasa 7 November 2023 bertepatan dengan Hari Wayang Nasional. (Sumber: pikisuperstar on Freepik)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Wayang adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang semakin mendapatkan perhatian, terutama setelah UNESCO mengakui keberadaannya sebagai "World Master Piece of Oral and Intangible Heritage of Humanity" pada 7 November 2003.

Hari penetapan tersebut bahkan dijadikan sebagai Hari Wayang Nasional, yang memiliki peran penting dalam membentuk karakter dan jati diri bangsa Indonesia.

Tidak hanya itu, penetapan tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap seni wayang.

Disarikan dari laman resmi Kominfo.go.id dan Kompas.com, berikut adalah asal-usul kata wayang hingga fungsinya yang menjadi warisan budaya Indonesia saat ini.

1. Asal-usul Kata "Wayang"

Kata "wayang" berasal dari bahasa Jawa yang artinya "bayangan."

Secara filosofis, wayang adalah bayangan atau cerminan dari berbagai sifat manusia, seperti murka, serakah, pelit, bijak, dan lain-lain.

Lebih umumnya, wayang adalah boneka yang digunakan untuk meniru perilaku manusia. Biasanya, wayang dibuat dari kulit atau kayu dan digunakan dalam pertunjukan drama tradisional.

Baca Juga: Sambut Hari Wayang Sedunia, Pertunjukan 11 Dalang Cilik di Jember Ini Layaknya Profesional

2. Seni Wayang sebagai Karya Seni Multifaset

Seni wayang melibatkan berbagai unsur seni, termasuk seni peran, seni suara, seni musik, seni tutur, seni sastra, seni lukis, seni pahat, dan seni perlambang.

Wayang tidak hanya sekadar pertunjukan, tetapi juga menjadi media penerangan, dakwah, pendidikan, hiburan, pemahaman filsafat, dan hiburan.

Pertunjukan wayang menciptakan pengalaman yang kaya dan mendalam bagi penonton, serta menjembatani berbagai aspek seni dan budaya.

3. Peran Wayang dalam Budaya Indonesia

Wayang telah tumbuh dan berkembang menjadi aset budaya nasional yang memiliki nilai sangat berharga dalam membentuk karakter dan jati diri bangsa Indonesia. Pertunjukan wayang tidak hanya menghibur tetapi juga mendidik masyarakat tentang nilai-nilai budaya dan moral.



Sumber : Kominfo.go.id dan Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x