Kompas TV internasional kompas dunia

4 WNI Berhasil Dievakuasi dari Gaza, Menlu Retno Marsudi Ungkap Kendala yang Dihadapi

Kompas.tv - 3 November 2023, 13:16 WIB
4-wni-berhasil-dievakuasi-dari-gaza-menlu-retno-marsudi-ungkap-kendala-yang-dihadapi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengungkapkan empat WNI berhasil dievakuasi dari Gaza. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan, proses evakuasi 4 warga negara Indonesia (WNI) dari Gaza, wilayah Palestina yang tengah digempur Israel, tidak mudah karena faktor keselamatan menjadi prioritas.

Baca Juga: Pasukan Paramiliter Iran Dilaporkan Tiba di Lebanon, Dikerahkan untuk Serang Israel

Evakuasi terhadap 4 WNI dan satu istri WNI tersebut akhirnya berhasil dilakukan setelah upaya yang ketiga.

“Untuk ketiga kalinya pada 2 November siang hari, evakuasi dicoba lagi dan alhamdulilah berhasil. 4 WNI dan 1 istri WNI telah dievakuasi,” ujarnya di Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jakarta, Jumat (3/11/2023).

Menlu Retno mengungkapkan salah satu kendala terbesar dalam proses evakuasi adalah komunikasi yang tidak stabil atau on and off.

“Sambungan komunikasi kadang dapat dipergunakan, dan dalam banyak waktu, tak dapat dipergunakan,” tuturnya.

“Jadi seperti kemarin, ketika kita kehilangan koneksi, kemudian kita mencoba meminta bantuan teman-teman di Gaza untuk mencoba mengontak WNI, apakah dalam kondisi baik atau tidak, karena komunikasi dari luar Gaza tak bisa dilakukan,” lanjutnya.

Baca Juga: Israel Sebut Pengepungan Gaza Telah Lengkap: Gencatan Senjata Tak akan Terjadi

Menlu Retno menambahkan, dirinya sampai melakukan pengecekan dengan beberapa negara apakah mereka juga mengalami hambatan yang sama.

“Mereka menyampaikan, ya mereka juga menghadapi hambatan yang serupa,” ucapnya.

Mesir yang wilayahnya berbatasan langsung dengan Gaza, dilaporkan telah membuka gerbang perbatasan Rafah dan memperbolehkan warga asing maupun yang memiliki paspor negara lain, masuk.

Sebelumnya diberitakan, empat WNI bersama satu istri WNI, telah berhasil dievakuasi dari Gaza pada Kamis (2/11/2023) atau Jumat (3/11/2023) WIB.

Mereka telah tiba di Rafah pada Kamis pukul 19.00 waktu Mesir atau pukul 00.00 WIB, Jumat (3/11/2023).

Menlu Retno mengatakan tim KBRI Kairo telah berada di Rafah untuk melakukan penjemputan.

“Tim KBRI saat ini sudah bersama dengan warga negara Indonesia pada pukul 04.00 dini hari tadi, saya berkomunikasi dengan tim KBRI Kairo dan memperoleh informasi bahwa WNI dan tim Kairo sudah berada dalam perjalanan ke Kairo,” ujarnya kepada media.

“Diperkirakan mereka akan tiba di Kairo pukul 3 dini hari waktu Kairo, dan sebelum press briefing ini dimulai, kami melakukan kontak kembali kepada tim dan diperoleh informasi, alhamdulilah, bahwa WNI dan tim dari KBRI Kairo sudah tiba di Kairo dengan selamat,” ujarnya.


 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x