Kompas TV internasional kompas dunia

Mahkamah Pidana Internasional: Halangi Bantuan Masuk ke Gaza adalah Kejahatan Kemanusiaan

Kompas.tv - 31 Oktober 2023, 06:10 WIB
mahkamah-pidana-internasional-halangi-bantuan-masuk-ke-gaza-adalah-kejahatan-kemanusiaan
Kepala Jaksa Mahkamah Pidana Internasional (ICC) Karim Khan, Minggu (29/10/2023), memperingatkan siapa pun yang menghambat bantuan kemanusiaan ke Gaza dapat dihadapkan pada tuntutan pidana kejahatan kemanusiaan. (Sumber: Anadolu)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

ISTANBUL, KOMPAS.TV - Kepala Jaksa Mahkamah Pidana Internasional (ICC) Karim Khan, Minggu (29/10/2023), memperingatkan, siapa pun yang menghambat bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza dapat dihadapkan pada tuntutan pidana.

Ia juga menyoroti situasi kemanusiaan yang semakin mengerikan di tengah serangan Israel ke Gaza, wilayah Palestina yang sudah diduduki Israel sejak 1967 dan diblokade sejak 2007 itu.

Setelah mengunjungi perlintasan perbatasan Mesir-Gaza di Rafah, Khan mengumumkan melalui media sosial X (dulu bernama Twitter) bahwa penderitaan yang dialami oleh anak-anak, lansia, dan kaum muda "sangat berat dan terus berlanjut."

"Yang paling mendasar saat ini adalah, tidak boleh ada hambatan apa pun terhadap penyediaan bantuan kemanusiaan kepada anak-anak dan warga sipil. Mereka tidak bersalah. Mereka punya hak yang dijamin hukum humaniter internasional," ujarnya.

"Hak-hak ini termasuk dalam Konvensi Jenewa, dan bahkan melibatkan tanggung jawab pidana jika hak-hak ini dibatasi, sebagaimana diatur dalam Statuta Roma," kata Khan.

Pada 24 Oktober, PBB memperkirakan lebih dari 1,4 juta orang di Gaza menjadi pengungsi internal, menunjukkan eskalasi krisis kemanusiaan di wilayah tersebut.

Di sisi lain, Israel terus memperluas serangannya lebih dalam ke bagian utara Jalur Gaza, yang menimbulkan kekhawatiran dari PBB dan staf medis terkait serangan udara yang semakin mendekati rumah sakit.

Baca Juga: Israel Serang Area Dekat Rumah Sakit Al-Quds Gaza, Lebih dari 8.000 Orang Tewas Akibat Perang

Baca Juga: Jokowi Kutuk Serangan Israel: Indonesia Sangat Marah terhadap Memburuknya Situasi di Gaza

Jenazah seorang ayah dan anaknya yang terbunuh dalam pengeboman yang dilakukan Israel terhadap Jalur Gaza, terbaring di depan kamar mayat di Rumah Sakit Al-Aqsa di Deir Al-Balah, Jalur Gaza, wilayah Palestina yang berada di bawah blokade Israel sejak 2007, Minggu, 22 Oktober 2023. (Sumber: AP Photo/Fatima Shbair)

Sejumlah besar warga Palestina mencari perlindungan di rumah-rumah sakit ini, di mana ribuan orang terluka.



Sumber : Anadolu Agency, Al Jazeera


BERITA LAINNYA



Close Ads x