Kompas TV internasional kompas dunia

Teka-teki Pencopotan Menhan China Li Shangfu dan Eks Menlu Qin Gang

Kompas.tv - 25 Oktober 2023, 01:35 WIB
teka-teki-pencopotan-menhan-china-li-shangfu-dan-eks-menlu-qin-gang
China hari Selasa (24/10/2023) resmi mencopot Menteri Pertahanan Li Shangfu, seperti dilaporkan televisi negara CCTV, sebulan setelah beberapa laporan mengatakan bahwa ia sedang dalam penyidikan. Mantan Menlu Qin Gang juga dicopot dari jabatannya sebagai menteri negara, posisi Kabinet di bawah wakil perdana menteri dan di atas menteri. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari
China hari Selasa (24/10/2023) resmi mencopot Menteri Pertahanan Li Shangfu, seperti dilaporkan televisi negara CCTV, sebulan setelah beberapa laporan mengatakan bahwa ia sedang dalam penyidikan. Mantan Menlu Qin Gang juga dicopot dari jabatannya sebagai menteri negara, posisi Kabinet di bawah wakil perdana menteri dan di atas menteri. (Sumber: AP Photo)

BEIJING, KOMPAS.TV - China resmi mencopot Menteri Pertahanan Li Shangfu, seperti dilaporkan televisi negara CCTV, Selasa (24/10/2023), sebulan setelah beberapa laporan mengatakan bahwa ia sedang dalam penyidikan. Shangfu absen dari pandangan publik tanpa penjelasan selama dua bulan.

Dalam pengumuman selama siaran berita malam, Jenderal Li telah diberhentikan dari jabatannya sebagai menteri negara dan menteri pertahanan berdasarkan keputusan badan perundang-undangan tertinggi negara, Dewan Tetap Kongres Rakyat Nasional, seperti yang dilaporkan Straits Times.

Tidak ada pengganti untuk Jendral Li yang diumumkan, dan tidak ada alasan yang diberikan untuk perubahan tersebut.

Mantan Menteri Luar Negeri Qin Gang juga dicopot dari jabatannya sebagai menteri negara, sebuah posisi kabinet yang berada di bawah wakil perdana menteri dan di atas menteri, seperti yang dilaporkan oleh siaran berita tersebut.

Ini adalah reshuffle kepemimpinan yang kedua dalam beberapa bulan terakhir, setelah Qin dipecat dari jabatan Menteri Luar Negeri pada bulan Juli.


Jenderal Li dicopot tepat sebelum forum keamanan tingkat tinggi yang dijadwalkan akan berlangsung di Beijing mulai dari tanggal 29 hingga 31 Oktober. Menteri Pertahanan China biasanya memainkan peran kunci dalam acara ini, Forum Xiangshan, dengan berbicara dalam upacara pembukaan dan menjadi tuan rumah bagi rekan-rekan asing.

Amerika Serikat (AS) memberlakukan sanksi terhadap Jenderal Li, mantan kepala Departemen Pengembangan Peralatan, yang menjabat sebagai menteri pertahanan selama lebih dari setengah tahun.

Baca Juga: AS Pertanyakan Hilangnya Menhan China Li Shangfu, Munculkan Spekulasi Jadi Tahanan Rumah

China hari Selasa, (24/10/2023) resmi mencopot Menteri Pertahanan Li Shangfu, seperti dilaporkan televisi negara CCTV, sebulan setelah beberapa laporan mengatakan bahwa ia sedang dalam penyidikan. Mantan Menlu Qin Gang juga dicopot dari jabatannya sebagai menteri negara, posisi Kabinet di bawah wakil perdana menteri dan di atas menteri. (Sumber: CNN)

Jenderal Li juga dicopot dari jabatannya sebagai anggota Komisi Militer Pusat, komando militer teratas China, menurut laporan Selasa dari agensi berita resmi Xinhua tentang pertemuan Dewan Tetap NPC.

Pencopotan Jenderal Li mengikuti perubahan kepemimpinan mendadak dalam Tentara Pembebasan Rakyat China PLA, yang dianggap sebagai bagian dari pembersihan korupsi berkelanjutan yang melibatkan pimpinan tertinggi unit pasukan roket elitenya.

Jenderal Li Yuchao, mantan komandan unit ini, tidak terlihat selama berbulan-bulan sebelum digantikan pada bulan Juli, bersama dengan wakilnya.

Di situs web Kementerian Pertahanan China, aktivitas terakhir Jendral Li Shangfu dilaporkan pada Forum Keamanan dan Perdamaian China-Afrika Ketiga yang diadakan di Beijing pada tanggal 29 Agustus, di mana ia memberikan pidato utama.



Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x