Kompas TV internasional kompas dunia

Hamas Kembali Bebaskan Dua Sandera Warga Israel, AS Cemas Eskalasi Konflik bakal Naik Signifikan

Kompas.tv - 24 Oktober 2023, 20:47 WIB
hamas-kembali-bebaskan-dua-sandera-warga-israel-as-cemas-eskalasi-konflik-bakal-naik-signifikan
Kelompok Hamas kembali membebaskan dua warga Israel yang ditahan sebagai sandera di Gaza hari Senin, (23/10/2023), dalam keadaan sehat. Seorang diantaranya adalah warga Israel aktivis perdamaian Israel Palestina. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

RAFAH, KOMPAS.TV - Kelompok Hamas kembali membebaskan dua warga Israel yang ditahan sebagai sandera di Gaza, Senin (23/10/2023). Sementara itu, Amerika Serikat (AS) semakin mengungkapkan kekhawatiran bahwa eskalasi perang Israel-Hamas akan memicu konflik lebih luas di kawasan tersebut, termasuk serangan terhadap pasukan AS.

Jumlah korban tewas di Gaza terus meningkat seiring dengan meluasnya serangan udara oleh Israel yang menghancurkan bangunan-bangunan. Israel mengeklaim serangan tersebut merupakan persiapan untuk serangan darat yang akan datang.

AS memberi saran kepada Israel untuk menunda serangan darat agar ada waktu untuk bernegosiasi mengenai pembebasan lebih banyak sandera yang telah diambil oleh Hamas selama serangan brutalnya dua minggu yang lalu.

Konvoi bantuan kecil ketiga dari Mesir memasuki Gaza, di mana populasi 2,3 juta jiwa mulai kehabisan makanan, air, dan obat-obatan akibat perbatasan Israel yang tertutup.

Dengan Israel masih menghentikan pasokan bahan bakar, PBB mengatakan pendistribusian bantuan akan berhenti dalam beberapa hari ketika bahan bakar untuk truk di dalam Gaza habis.

Pasien korban serangan Israel yang terus-menerus membanjiri rumah sakit, sementara kepayahan untuk tetap membuat generator tetap menyala guna memberikan listrik bagi peralatan medis dan inkubator untuk bayi prematur.

Kedua sandera yang dibebaskan, Yocheved Lifshitz berusia 85 tahun dan Nurit Cooper berusia 79 tahun, dikeluarkan dari Gaza di perbatasan Rafah menuju Mesir. Di sana, mereka dimasukkan ke dalam ambulans, seperti yang ditunjukkan dalam rekaman di televisi Mesir.

Kedua perempuan tersebut, beserta suami-suami mereka, diculik dari rumah mereka di kibbutz Nir Oz dekat perbatasan Gaza selama serangan Hamas pada 7 Oktober. Suami-suami mereka, yang berusia 83 dan 84 tahun, tidak dibebaskan.

"Sementara saya tidak bisa mengungkapkan dalam kata-kata betapa leganya mereka kini dalam keadaan aman, saya akan tetap fokus untuk memastikan pembebasan ayah saya dan semua orang, sekitar 200 orang yang tak bersalah, yang tetap menjadi sandera di Gaza," kata Sharone Lifschitz, putri Lifshitz, dalam pernyataannya.

Baca Juga: Kain Kafan Mulai Menipis di Gaza dan Bangsal Jenazah Terlalu Penuh akibat Lonjakan Korban Tewas

Kelompok Hamas kembali membebaskan dua warga Israel yang disandera di Gaza hari Senin, (23/10/2023), dalam keadaan sehat. Yocheved Lifshitz, 85, berjabat tangan sebagai ucapan terima kasih kepada seorang anggota Hamas saat dia dilepaskan ke Palang Merah di lokasi yang tidak diketahui, Senin, 23 Oktober 2023. Dia aktivis perdamaian Israel Palestina. (Sumber: AP Photo)

Lifschitz, seorang seniman dan akademisi di London, mengatakan kepada para wartawan pekan lalu bahwa orang tuanya adalah aktivis perdamaian, dan ayahnya akan pergi ke perbatasan Gaza untuk membawa warga Palestina ke Yerusalem Timur untuk perawatan medis.

Dia mengatakan bahwa kebaikan hati, pada satu saat, dapat menyelamatkan mereka.

"Saya tumbuh dengan semua cerita Holocaust tentang bagaimana seluruh nyawa paman-paman saya diselamatkan karena perbuatan baik," katanya.

"Inginkah saya cerita ini di sini?" tanya Lifschitz. "Iya."

Hamas tampaknya tidak mendapatkan apa pun sebagai imbalan pembebasan dua sandera ini, yang dibebaskan beberapa hari setelah seorang perempuan AS dan putrinya juga dibebaskan. Hamas dan kelompok militan lainnya di Gaza diperkirakan menculik sekitar 220 orang, termasuk sejumlah warga asing dan orang Israel dengan kewarganegaraan ganda.




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x