Kompas TV internasional kompas dunia

Di KTT Kairo, bahkan Pemimpin Arab yang Damai dengan Israel Ungkapkan Kemarahan atas Perang Gaza

Kompas.tv - 22 Oktober 2023, 03:05 WIB
di-ktt-kairo-bahkan-pemimpin-arab-yang-damai-dengan-israel-ungkapkan-kemarahan-atas-perang-gaza
Mesir dan Yordania dengan keras mengkritik Israel atas tindakan militer di Gaza dalam KTT negara Arab, Sabtu (21/10/2023). Ini sebuah tanda dan kode keras bahwa dua sekutu Barat yang berdamai dengan Israel sejak beberapa dekade lalu semakin kehilangan kesabaran. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KAIRO, KOMPAS.TV - Mesir dan Yordania dengan keras mengkritik Israel atas tindakan militernya di Gaza dalam KTT negara Arab, Sabtu (21/10/2023). Ini menjadi sebuah tanda dan kode keras bahwa dua sekutu Barat yang berdamai dengan Israel sejak beberapa dekade lalu itu semakin kehilangan kesabaran terhadap perang Israel yang sudah berlangsung dua minggu melawan Hamas.

Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sissi, yang menjadi tuan rumah KTT tersebut, sekali lagi menolak pembicaraan tentang memindahkan 2,3 juta warga Palestina Gaza ke Semenanjung Sinai. Ia memperingatkan tentang risiko "penghapusan masalah Palestina" bila pemindahan itu dilakukan.

Raja Yordania Abdullah II menyebut pengepungan dan pengeboman Gaza oleh Israel adalah kejahatan perang, seperti dilaporkan Associated Press.

Pidato mereka mencerminkan kemarahan yang semakin tumbuh di wilayah Timur Tengah, bahkan di kalangan negara yang punya hubungan dekat dengan Israel dan sering bertindak sebagai mediator, seiring perang yang dipicu oleh serangan besar-besaran Hamas memasuki minggu ketiga dengan bertambahnya jumlah korban dan tidak ada tanda-tanda berakhir.

Mesir khususnya khawatir tentang lonjakan besar warga Palestina yang masuk ke wilayahnya, sesuatu yang mereka khawatir akan, antara lain, sangat merusak harapan akan adanya negara Palestina.

Ucapan beberapa politisi dan pejabat militer Israel yang menyarankan agar warga Palestina meninggalkan Gaza membuat negara-negara tetangga Israel merasa cemas, begitu juga dengan perintah Israel kepada warga Palestina untuk mengungsikan diri ke selatan, menuju Mesir.

Dalam pidato pembukaannya, el-Sissi mengatakan Mesir dengan tegas menolak "pemindahan paksa warga Palestina dan perpindahan mereka ke tanah Mesir di Sinai".

"Saya ingin menyatakan dengan jelas dan tegas kepada dunia bahwa penghapusan masalah Palestina tanpa solusi yang adil adalah di luar kemungkinan, dan dalam hal apa pun, itu tidak akan terjadi dengan mengorbankan Mesir, sama sekali tidak," katanya.

Baca Juga: Presiden Mesir Tolak Warga Gaza Mengungsi ke Sinai: Itu Skema Pemusnahan Palestina oleh Israel

Emir Qatar, Presiden Mesir dan Sekjen Liga Arab di KTT perdamaian Palestina di Mesir. Mesir dan Yordania dengan keras mengkritik Israel atas tindakan militer di Gaza dalam KTT negara Arab hari Sabtu, (21/10/2023) sebuah tanda dan kode keras bahwa dua sekutu Barat yang berdamai dengan Israel sejak beberapa dekade lalu semakin kehilangan kesabaran . (Sumber: AP Photo)

Yordania yang selama ini merawat sebagian besar warga Palestina yang terusir dari tanah airnya juga ikut menyatakan penolakan terhadap pemindahan warga Palestina ini. "Ini adalah sebuah kejahatan perang menurut hukum internasional dan merupakan garis merah bagi kita semua," ungkap Raja Abdullah.

Israel mengatakan mereka bertekad menghancurkan pemerintah Hamas di Gaza, tetapi belum banyak berbicara tentang rencana akhir mereka.

Pada Jumat, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant menguraikan rencana tiga tahap di mana serangan udara dan "manuver", yang merupakan referensi yang diasumsikan untuk serangan darat, akan bertujuan untuk menghilangkan Hamas sebelum periode operasi pembersihan intensitas rendah.

Kemudian, "rezim keamanan" baru akan diciptakan di Gaza bersamaan dengan "penghapusan tanggung jawab Israel atas kehidupan di Jalur Gaza", kata Gallant. Dia tidak mengatakan siapa yang akan mengelola Gaza setelah Hamas.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x