Kompas TV internasional kompas dunia

Profil dan Sejarah RS Gaza yang Dibom Israel: Berdiri Sejak 1882, Dikelola Gereja Anglikan Yerusalem

Kompas.tv - 18 Oktober 2023, 14:46 WIB
profil-dan-sejarah-rs-gaza-yang-dibom-israel-berdiri-sejak-1882-dikelola-gereja-anglikan-yerusalem
Sebagian jenazah korban penyerangan Rumah Sakit Al-Ahli Arab yang menewaskan ratusan orang dibawa ke Rumah Sakit Al-Shifa, Kota Gaza, Selasa (17/10/2023). (Sumber: Abed Khaled/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Serangan udara Israel ke Rumah Sakit Al-Ahli Arab atau Rumah Sakit Baptis di Kota Gaza, Selasa (17/10/2023) menewaskan sekitar 500 orang dan menyita perhatian internasional. Berikut profil dan sejarah berdirinya Rumah Sakit Al-Ahli Arab di Jalur Gaza.

Rumah Sakit Al-Ahli Arab adalah rumah sakit yang dikelola oleh Gereja Episkopal Yerusalem sejak 1980. Gereja Episkopal Yerusalem adalah bagian dari komuni Anglikan, denominasi Kristen terbesar ketiga di dunia.

Keuskupan Episkopal Yerusalem sendiri telah angkat bicara mengenai tragedi kemanusiaan tersebut. Keuskupan Anglikan itu mengecam keras "serangan brutal" yang kembali terjadi dan menyampaikan belasungkawa atas hilangnya nyawa ratusan korban.

Baca Juga: Israel Bom Rumah Sakit, Sekolah PBB, Toko Roti, Kamp Pengungsi dalam 24 Jam, Ratusan Tewas di Gaza

"Dalam arti paling keras, Keuskupan Episkopal Yerusalem mengutuk serangan kejam yang terjadi di jantung Gaza. Laporan awal menunjukkan banyaknya korban yang jatuh, sebuah manifestasi dari apa yang hanya bisa kita sebut sebagai kejatahan terhadap kemanusiaan," demikian pernyataaan Keuskupan Episkopal Yerusalem dikutip Anglican News, Selasa (17/10).

"Rumah sakit, atas nama hukum kemanusiaan internasional, adalah tempat perlindungan, tetapi serangan ini telah melanggar batasan sakral tersebut. Kami perlu menghubungi Uskup Agung Justin Welby (Uskup Agung Canterbury, pemimpin seremonial Komuni Anglikan dunia), yang telah memohon keamanan fasilitas medis dan pembatalan perintah evakuasi (oleh Israel). Sayangnya, Gaza kini masih tanpa tempat aman."

Sejarah Rumah Sakit Al-Ahli Arab Gaza

Rumah Sakit Al-Ahli Arab di Gaza didirikan pada 1882 silam oleh Lembaga Misionaris Gereja (CMS) dari Gereja Inggris yang berdoktrin Anglikan. Rumah sakit ini terletak di kawasan Zaitun, selatan Kota Gaza.

Rumah Sakit Al-Ahli Arab pun diangap sebagai rumah sakit tertua di Kota Gaza dan operasionalnya didukung oleh berbagai lembaga amal internasional.

Sejak 1980, pengelolaan rumah sakit ini diambilalih oleh Gereja Episkopal Yerusalem dan Timur Tengah. Gereja ini membawahi tiga keuskupan, yakni Keuskupan Iran; Keuskupan Siprus dan Teluk yang mencakup Siprus, Semenanjung Arab, dan Irak; serta Keuskupan Yerusalem yang mencakup Israel, Palestina, Yordania, Suriah, dan Lebanon.

"Didirikan pada 1882, Rumah Sakit Al-Ahli Arab terletak di Kota Gaza dan menempati sebuah kampus indah di pusat kota. Dengan tanah yang dirawat dengan baik, ini adalah suaka perdamaian di tengah salah satu tempat paling penuh kesukaran di dunia," demikian keterangan profil rumah sakit tersebut yang dimuat di laman resmi Keuskupan Episkopal Yerusalem.

"Di sebuah kawasan tempat kesulitan adalah hal yang umum, kondisi keras Gaza tetap menonjol. Meskipun demikian, Rumah Sakit Al-Ahli Arab merepresentasikan lentera perdamaian dan harapan bagi semua orang yang dilayaninya."

Baca Juga: Blokade Israel atas Jalur Gaza Palestina yang Bikin Hamas Bilang "Cukup!"



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x