Kompas TV internasional kompas dunia

Soal Konflik Israel-Palestina yang Kian Memanas, PP Muhammadiyah Nyatakan Sikap Berikut Ini

Kompas.tv - 11 Oktober 2023, 20:17 WIB
soal-konflik-israel-palestina-yang-kian-memanas-pp-muhammadiyah-nyatakan-sikap-berikut-ini
Warga Palestina mengeluarkan satu jenazah dari reruntuhan bangunan setelah serangan udara Israel di kamp pengungsi Jebaliya, Jalur Gaza, Senin, 9 Oktober 2023. (Sumber: The Associated Press)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah memberikan pernyataan sikap terkait konflik Israel-Palestina yang kian memanas.

Dalam pernyataan pers yang ditandatangani Ketua Umum Haedar Nashir dan Sekretaris Umum Abduk Mu'ti, Rabu (11/10/2023), PP Muhammadiyah sangat prihatin dan ikut berduka dengan ribuan korban sipil akibat perang Israel-Palestina.

PP Muhammadiyah juga mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil langkah politik dan diplomatik untuk menghentikan perang, melakukan gencatan senjata dan perundingan damai antara Israel-Palestina.

Selain itu, PP Muhammadiyah juga meminta Israel tidak memanfaatkan perang sebagai aneksasi dan agresi di wilayah Palestina demi mewujudkan kedamaian.

Sedangkan untuk pemerintah Indonesia, PP Muhammadiyah meminta pemerintah lebih proaktif dalam penyelesaian konflik Israel-Palestina melalui PBB atau Organisasi Kerjasama Islam (OKI).

PP Muhammadiyah juga mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk menyikapi konflik Israel-Palestina ini dengan rasional dan tidak termakan hoaks atau informasi provokatif yang bisa menimbulkan masalah di dalam negeri.

PP Muhammadiyah turut mengajak umat Islam untuk melakukan shalat ghaib dan memanjatkan doa bagi kaum muslimin yang menjadi korban perang Israel-Palestina.

Terakhir, PP Muhammadiyah menegaskan dukungan mereka terhadap perjuangan Palestina dan siap untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan.

Baca Juga: Israel Diduga Pakai Senjata Terlarang Bom Fosfor Putih di Area Padat Penduduk Palestina

Untuk lebih lengkapnya, berikut pernyataan sikap PP Muhammadiyah terkait konflik Israel-Palestina:

Mencermati perkembangan perang Israel-Palestina yang menewaskan ribuan masyarakat sipil serta kerusakan dan dampak yang ditimbulkan, Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyatakan: 

1. Sangat prihatin dengan perang Israel-Palestina dan menyampaikan duka cita yang mendalam atas ribuan masyarakat sipil yang meninggal dunia dan luka-luka. 

2. Mendesak kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk segera mengambil langkahlangkah politik dan diplomatik dengan melibatkan pihak-pihak terkait, khususnya Israel-Palestina untuk menghentikan perang, melakukan gencatan senjata, dan melakukan perundingan damai. 

3. Menyerukan agar Israel tidak memanfaatkan perang ini untuk terus melakukan aneksasi dan agresi terhadap wilayah dan bangsa Palestina demi tegaknya perdamaian di kawasan yang penuh gejolak ini. Semua pihak ikut serta menyelesaikan akar masalah dan menaati serta mengimplementasikan Resolusi Dewan Keamanan PBB sebagai solusi konflik Israel-Palestina. 

4. Meminta kepada pemerintah Indonesia untuk lebih proaktif dan memperkuat langkah-langkah maju yang telah dilakukan selama ini dalam penyelesaian konflik Israel-Palestina melalui Perserikatan Bangsa-bangsa, Organisasi Kerjasama Islam, dan jalur-jalur lainnya. 

5. Mengimbau kepada semua pihak di tanah air untuk menyikapi perang Israel-Palestina dengan rasional dan arif serta tidak terprovokasi oleh berbagai informasi provokatif, hoaks, dan menyesatkan yang disampaikan oleh pihak-pihak tertentu yang memanfaatkan perang Israel-Palestina untuk kepentingan politik tertentu yang berpotensi menimbulkan masalah di dalam negeri. 

6. Menyerukan kepada umat Islam untuk memanjatkan doa dan shalat ghaib bagi kaum muslimin yang menjadi korban perang serta memohon kepada Allah agar perang segera berakhir dan masyarakat dunia hidup damai dan sejahtera. 

7. Muhammadiyah senantiasa mendukung perjuangan Palestina serta bersiap mengirimkan bantuan dan relawan kemanusiaan, aktif berkoordinasi dan bekerjasama dengan berbagai pihak yang dapat dipercaya untuk membantu masyarakat sipil yang menjadi korban perang terutama anak-anak dan perempuan. 

Baca Juga: Dubes Palestina Sebut Indonesia Selalu Mendukung Negaranya dan Yakin Dapat Dukungan Negara Arab



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.