Kompas TV internasional kompas dunia

Israel Diduga Pakai Senjata Terlarang Bom Fosfor Putih di Area Padat Penduduk Palestina

Kompas.tv - 11 Oktober 2023, 17:26 WIB
israel-diduga-pakai-senjata-terlarang-bom-fosfor-putih-di-area-padat-penduduk-palestina
Situasi pasca-serangan udara Israel di kawasan padat penduduk Al Karama, Gaza, Selasa (10/10/2023) malam waktu setempat. (Sumber: Twitter Kementerian Luar Negeri Palestina)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

GAZA, KOMPAS.TV - Militer Israel diduga memakai bom fosfor saat membombardir kawasan Al-Karama, Gaza, Selasa (10/10/2023) malam waktu setempat. Otoritas Palestina menuduh Israel menjatuhkan bom fosfor putih saat membombardir area padat penduduk.

"Pesawat tempur dan artileri Israel menggunakan fosfor putih yang dilarang secara internasional, menghancurkan permukiman Al Karama di barat laut Kota Gaza dengan serangan udara beruntun," demikian tulis Kementerian Luar Negeri Palestina melalui media sosial.

"Terdapat korban jiwa dan luka, ambulans dan kendaraan pertahanan sipil tidak bisa mencapai area tersebut karena intensitas serangan udara dan kehancuran jalan menuju ke sana."

Baca Juga: Intel AS Mengaku Kecolongan Soal Serbuan Hamas, Kini Sudah di Lapangan Bantu Serangan Israel

Kemeterian Luar Negeri Palestina pun mengungah video pasca-serangan udara di Al Karama. Terlihat sejumlah warga dan petugas mencari korban di antara reruntuhan. Api pun masih menyala di lokasi kejadian.

Melansir Al Jazeera, bom fosfor putih dikategorikan sebagai senjata pembakar dan penggunaannya dilarang di target militer yang terletak di kawasan sipil. Penggunaannya di kawasan padat penduduk dilarang dalam Konvensi Senjata Konvensional Tertentu PBB yang mulai berlaku pada 1983.


Militer Israel membombardir Al Karama, Gaza dan meruntuhkan banyak bangunan permukiman. Banyak orang diperkirakan masih terjebak reruntuhan.

Memasuki hari kelima perang Israel vs Hamas, korban jiwa di pihak Palestina diperkirakan mencapai 900 orang akibat serangan balasan Israel. Sedangkan korban jiwa di pihak Israel diperkirakan mencapai 1.200 orang.

Perang ini dimulai ketika Hamas meluncurkan serangan besar-besaran tak terduga ke selatan Israel pada Sabtu (7/10). Israel kemudian mengirim serangan balasan dengan membombardir Jalur Gaza.

Baca Juga: Jokowi Sebut Dua Hal Penting Soal Konflik Israel-Palestina: Perang Dihentikan dan Perintah ke Menlu

 



Sumber : Kompas TV/Al Jazeera


BERITA LAINNYA



Close Ads x