Kompas TV internasional kompas dunia

Kelompok Hamas Palestina dari Sudut Pandang Barat

Kompas.tv - 10 Oktober 2023, 23:00 WIB
kelompok-hamas-palestina-dari-sudut-pandang-barat
Pemimpin Hamas, Ismael Haniyeh. Hamas menurut Barat dan Israel, berakar dari gerakan Ikhwanul Muslimin, mengusung kebijakan jihad melawan Negara Israel dengan tujuan untuk mendirikan negara Islam yang mencakup wilayah Israel, Tepi Barat, dan Jalur Gaza. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

GAZA, KOMPAS.TV - Kelompok Hamas kembali membetot perhatian dunia internasional setelah serangan dadakan ke Israel, Sabtu (7/10/2023).

Selama ini, Hamas dikenal sebagai gerakan militan Islam dan salah satu partai politik utama di wilayah Palestina. Mereka mengurus dan memerintah lebih dari dua juta warga Palestina di Jalur Gaza, tetapi kelompok ini lebih dikenal karena perlawanan bersenjata melawan Israel.

Dalam kerangka prinsip ideologis Islamisme, Hamas mempromosikan nasionalisme Palestina dalam konteks Islam yang mendasar, mengusung kebijakan jihad melawan Negara Israel dengan tujuan untuk mendirikan negara Islam yang mencakup wilayah Israel, Tepi Barat, dan Jalur Gaza, seperti dikutip dari Council of Foreign Relations.

Menurut Ensiklopedia Britannica, cikal bakal Hamas ada sejak tahun 1960-an dan sejak akhir tahun 1970-an. Aktivis yang terkait dengan Ikhwanul Muslimin mendirikan jaringan amal, klinik, dan sekolah, serta aktif di wilayah-wilayah (Jalur Gaza dan Tepi Barat) yang diduduki oleh Israel setelah Perang Enam Hari tahun 1967.

Di Gaza, mereka aktif di banyak masjid, sementara aktivitas mereka di Tepi Barat umumnya terbatas pada universitas. Aktivitas Ikhwanul Muslimin di wilayah-wilayah ini umumnya bersifat non-kekerasan, tetapi sejumlah kecil kelompok di wilayah-wilayah yang diduduki mulai menyerukan jihad, atau perang suci, melawan Israel.

Baca Juga: Hamas Klarifikasi Keterlibatan Iran dan Hizbullah dalam Serangan ke Israel

Presiden Palestina Mahmoud Abbas dari kubu gerakan Fatah yang berseberangan dengan kelompok Hamas. Kelompok Hamas berakar dari gerakan Ikhwanul Muslimin, mengusung kebijakan jihad melawan Negara Israel dengan tujuan untuk mendirikan negara Islam yang mencakup wilayah Israel, Tepi Barat, dan Jalur Gaza. (Sumber: Alaa Badarneh/Foto Pool via AP, File)

Awal Mula Hamas

Pada bulan Desember 1987, di awal intifada atau perlawanan Palestina melawan pendudukan Israel, Hamas didirikan oleh anggota Ikhwanul Muslimin dan faksi-faksi agama Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), dan organisasi baru ini dengan cepat mendapatkan pengikut yang luas.

Dalam Piagamnya tahun 1988, Hamas menyatakan Palestina adalah tanah air Islam yang tidak boleh diserahkan kepada non-muslim dan melakukan perang suci untuk merebut kendali Palestina dari Israel adalah kewajiban agama bagi muslim Palestina. Posisi ini membawa mereka berkonflik dengan PLO, yang pada tahun 1988 mengakui hak Israel untuk eksis.

Pada Mei 2017, Hamas mengumumkan piagam baru dalam upaya untuk meredam citranya. Piagam tersebut tidak lagi menyebutkan penghancuran Israel, tetapi masih menyerukan pembebasan Palestina dan "perlawanan terhadap proyek Zionis". Piagam tersebut juga memastikan Hamas menerima perbatasan tahun 1967 sebagai dasar pembentukan negara Palestina serta kepastian tidak lagi berafiliasi dengan Ikhwanul Muslimin.

Puluhan negara, kebanyakan negara berhaluan Barat, menetapkan Hamas sebagai organisasi teroris, meskipun beberapa hanya menerapkan label ini pada sayap militer Hamas. Iran memberikan dukungan materi dan finansial, sementara Turki dilaporkan memberikan perlindungan bagi beberapa pemimpin puncaknya.

Partai saingannya, Fatah, yang mendominasi Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dan berkuasa di Tepi Barat, menolak kekerasan. Pemisahan dalam kepemimpinan Palestina dan sikap tidak kompromi Hamas terhadap Israel dipandang Barat telah mengurangi prospek stabilitas di Gaza.

Hamas, singkatan dari Harakat al-Muqawama al-Islamiya didirikan oleh Sheikh Ahmed Yassin, seorang ulama Palestina yang menjadi aktivis dalam cabang-cabang lokal Ikhwanul Muslimin setelah mengabdikan awal hidupnya untuk ilmu pengetahuan Islam di Kairo. Mulai akhir tahun 1960-an, Yassin memberikan ceramah dan melakukan pekerjaan amal di Tepi Barat dan Gaza, yang kedua-duanya diduduki oleh Israel setelah Perang Enam Hari tahun 1967, seperti yang dikatakan oleh Council of Foreign Relations.

Yassin mendirikan Hamas sebagai lengan politik Ikhwanul Muslimin di Gaza bulan Desember 1987, setelah pecahnya intifada pertama, perlawanan Palestina melawan pendudukan Israel di Tepi Barat, Gaza, dan Yerusalem Timur. Saat itu, tujuan Hamas adalah untuk melawan Gerakan Jihad Islam Palestina (PIJ), organisasi lain yang komitmennya terhadap perlawanan keras terhadap Israel mengancam untuk menarik dukungan Palestina dari Ikhwanul Muslimin.

Baca Juga: Aksi Dukungan ke Rakyat Palestina Tumpah Ruah di Jalanan New York


Tujuan Hamas

Pada tahun 1988, Hamas menerbitkan Piagamnya, yang menyatakan bertujuan menghancurkan Israel dan mendirikan masyarakat Islam di Palestina.

Dalam apa yang disebut pengamat sebagai upaya untuk meredam citranya, Hamas mempresentasikan dokumen baru tahun 2017 yang menerima negara Palestina sementara sepanjang perbatasan "Green Line" yang telah ditetapkan sebelum Perang Enam Hari, tetapi tetap menolak mengakui Israel.

Hamas pertama kali menggunakan bom bunuh diri pada bulan April 1993, lima bulan sebelum pemimpin PLO Yasser Arafat dan Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin menandatangani Perjanjian Oslo. Pakta bersejarah ini menetapkan pemerintahan otonomi terbatas untuk sebagian wilayah Tepi Barat dan Gaza di bawah entitas baru yang disebut Otoritas Palestina (PA). Hamas mengecam perjanjian ini, serta pengakuan PLO dan Israel satu sama lain, yang secara resmi disepakati oleh Arafat dan Rabin dalam surat yang dikirim beberapa hari sebelum Oslo.

Pada tahun 1997, Amerika Serikat (AS) menetapkan Hamas sebagai organisasi teroris asing. Gerakan ini kemudian memimpin perlawanan keras selama intifada kedua, pada awal tahun 2000-an, meskipun Jihad Islam Palestina PIJ dan milisi Tanzim Fatah juga bertanggung jawab atas kekerasan terhadap warga Israel.

Baca Juga: Militan Palestina Hamas Pastikan Sekutunya Bakal Ikut Bertempur Jika Israel Hancurkan Gaza


Siapakah pemimpin Hamas?

Hamas memiliki sejumlah badan kepemimpinan yang melakukan berbagai fungsi politik, militer, dan sosial. Kebijakan umum ditetapkan oleh badan konsultatif tertinggi yang disebut biasanya sebagai politbiro, yang beroperasi di pengasingan. Komite-komite lokal mengelola masalah-masalah dasar di Gaza dan Tepi Barat.

Ismail Haniyeh saat ini menjabat sebagai kepala politik, menggantikan pemimpin yang sudah lama menjabat, Khaled Meshaal, pada tahun 2017. Haniyeh beroperasi dari Doha, Qatar, sejak tahun 2020, kabarnya karena Mesir membatasi pergerakannya ke dan dari Gaza.

Pemimpin Hamas membentuk kehadiran di Qatar setelah berpisah dengan tuan rumah sebelumnya, Suriah, ketika para pengungsi Palestina ikut serta dalam perlawanan tahun 2011 yang mendahului Perang Saudara Suriah. Beberapa tokoh senior Hamas kabarnya beroperasi dari kantor-kantor kelompok ini di Turki.

Urusan sehari-hari di Gaza diawasi oleh Yahya Sinwar, yang sebelumnya memimpin sayap militer Hamas dan menghabiskan 22 tahun di penjara Israel karena merencanakan penculikan dan pembunuhan dua tentara Israel. Dia termasuk salah satu dari lebih dari seribu tahanan Palestina yang dibebaskan pada tahun 2011 sebagai bagian dari pertukaran dengan seorang tentara Israel yang ditahan oleh Hamas. Pada Juni 2021, perdana menteri de facto Gaza adalah Issam al-Da'alis.

Marwan Issa dan Mohammed Deif memimpin sayap militer Hamas, Izz ad-Din al-Qassam Brigades. Pasukan Israel membunuh pendiri milisi ini, Salah Shehadeh, dalam serangan udara tahun 2002. Sebanyak 15 warga sipil tewas dalam serangan itu, yang memfokuskan perhatian Israel dan internasional pada taktik semacam itu. Pasukan Israel membunuh Yassin, pendiri Hamas, pada tahun 2004.

Saleh al-Arouri kabarnya memimpin cabang Hamas di Lebanon. Dia juga mengambil alih kepemimpinan Hamas di Tepi Barat setelah pemilihan internal tahun 2021, sementara Meshaal dipilih untuk memimpin kantor diaspora dan Salameh Katawi terpilih untuk mengelola urusan anggota Hamas yang dipenjarakan.

Baca Juga: Israel Blokade Total Jalur Gaza, Tak Ada Listrik, Air dan Makanan bagi Rakyat Palestina

Peta Palestina dan wilayah pendudukan Israel. Hamas menurut Barat dan Israel, berakar dari gerakan Ikhwanul Muslimin, mengusung kebijakan jihad melawan Negara Israel dengan tujuan untuk mendirikan negara Islam yang mencakup wilayah Israel, Tepi Barat, dan Jalur Gaza. (Sumber: AP Photo)

Bagaimana Hamas memperoleh pendanaan?

Sebagai entitas yang ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh negara-negara Barat, Hamas terputus dari bantuan resmi yang diberikan oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa kepada PLO di Tepi Barat. Secara historis, para ekspatriat Palestina dan donor pribadi di Teluk Persia banyak memberikan pendanaan bagi gerakan ini. Selain itu, beberapa lembaga amal Islam di Barat menyalurkan dana ke kelompok-kelompok layanan sosial yang didukung Hamas, memicu pembekuan aset oleh Departemen Keuangan AS.

Mesir dan Israel sebagian besar menutup perbatasan mereka dengan Gaza pada tahun 2006–2007, membatasi pergerakan barang dan orang masuk dan keluar wilayah tersebut.

Dua negara ini, Israel dan Mesir, tetap melakukan blokade saat ini, memutuskan wilayah tersebut dari sebagian besar dunia dan memaksa lebih dari satu juta warga Palestina Gaza bergantung pada bantuan internasional. Israel mengizinkan Qatar memberikan ratusan juta dolar bantuan melalui Hamas. Bantuan asing lainnya umumnya mencapai Gaza melalui Otoritas Palestina dan PBB.

Selama bertahun-tahun setelah blokade dimulai, Hamas mengumpulkan pendapatan dengan memungut pajak atas barang yang bergerak melalui jaringan terowongan canggih yang sulit terdeteksi dari Mesir ke Gaza. Jalur ini membawa barang-barang penting seperti makanan, obat-obatan, dan gas murah untuk produksi listrik ke wilayah tersebut, serta material konstruksi, uang tunai, dan senjata.



Sumber : Council of Foreign Relations / Encyclopaedia Brittanica / Middle East Eye


BERITA LAINNYA



Close Ads x