Kompas TV internasional kompas dunia

Geger Kutu Busuk Bikin Prancis Gelisah Jelang Olimpiade Musim Panas 2024, PM Turun Tangan

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 02:00 WIB
geger-kutu-busuk-bikin-prancis-gelisah-jelang-olimpiade-musim-panas-2024-pm-turun-tangan
Prancis dilanda kehebohan dan kepanikan gara-gara kutu busuk, yang menyebar dari transportasi umum hingga ranjang paling pribadi warganya. Perdana Menteri Prancis akan gelar rapat kabinet hari Jumat, (6/10/2023) untuk mengatasi hal ini. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

PARIS, KOMPAS.TV - Prancis dilanda kehebohan dan kepanikan gara-gara kutu busuk, yang menyebar dari transportasi umum hingga ranjang paling pribadi warganya. Perdana Menteri Prancis akan gelar rapat kabinet hari Jumat, (6/10/2023) untuk mengatasi hal ini.

Kutu busuk merayap dan menghisap darah Anda saat tidur. Mereka bisa bepergian di pakaian atau ransel untuk mencari orang lain yang layak dihisap darahnya, di dalam kereta bawah tanah, atau di bioskop. Kutu busuk pergi ke mana pun Anda pergi, dan mereka menjadi mimpi buruk yang menghantui Prancis selama berminggu-minggu.

Pemerintah Prancis terpaksa turun tangan menenangkan negara yang semakin gelisah, apalagi Olimpiade kurang dari sembilan bulan lagi, seperti laporan Associated Press, Kamis, (5/10/2023).

Perdana Menteri Elisabeth Borne akan menggelar rapat hari Jumat nanti untuk mengatasi krisis kutu busuk.

Menteri Transportasi Clement Beaune, bertemu minggu ini dengan perusahaan transportasi untuk merancang rencana pemantauan dan disinfeksi, serta mencoba meredakan apa yang beberapa sebut sebagai psikosis nasional yang dipicu oleh media.

"Tidak ada peningkatan kasus," kata Beaune, memberitahu wartawan bahwa 37 kasus yang dilaporkan di sistem bus dan Metro serta sekitar dua belas kasus lainnya di kereta terbukti tidak benar, sama halnya dengan video-viral di media sosial yang menggambarkan makhluk kecil yang seolah-olah menggali di kursi kereta cepat.

Namun, kutu busuk meresahkan Prancis dan negara-negara lain selama beberapa dekade. Serangga berukuran sebesar biji apel yang tidak bisa melompat atau terbang ini dengan mudah berpindah tempat sama seperti manusia berpergian dari kota ke kota dan dari negara ke negara, serta semakin tahan terhadap insektisida.

Kalau itu belum cukup membuat Anda gatal-gatal: Kutu busuk dapat tetap hidup selama satu tahun tanpa makan.

Baca Juga: Tersesat di Hutan Amazon Selama Sebulan, Pria Ini Bertahan Hidup dengan Makan Serangga dan Ulat

Prancis dilanda kehebohan dan kepanikan gara-gara kutu busuk, yang menyebar dari transportasi umum hingga ranjang paling pribadi warganya. Perdana Menteri Prancis akan gelar rapat kabinet hari Jumat, (6/10/2023) untuk mengatasi hal ini. (Sumber: AP Photo)

Tanpa darah, "mereka dapat memperlambat metabolisme mereka dan hanya menunggu kita," kata Jean-Michel Berenger, seorang entomolog yang memelihara kutu busuk di laboratoriumnya di bagian penyakit menular Rumah Sakit Universitas Mediterranee di Marseille. Karbondioksida yang dikeluarkan oleh manusia "akan mengaktifkan mereka... dan mereka akan kembali untuk menggigit Anda."

Saat ini, menurut Berenger, hal ini pasti: "Kutu busuk telah menginfeksi media." Namun, mimpi buruk yang paling sering disebabkan oleh sentuhan kenyataan.

Satu dari 10 rumah tangga di Prancis terinfestasi kutu busuk antara tahun 2017 dan 2022, menurut laporan dari Badan Nasional untuk Kesehatan dan Keamanan Pangan.

Badan tersebut mengandalkan hasil jajak pendapat Ipsos untuk menanyakan orang tentang topik yang banyak yang lebih suka hindari untuk dibicarakan karena takut mengungkapkan masalah kutu busuk secara terbuka akan mencemarkan nama baik mereka.

Namun, para ahli mengatakan berdiam diri adalah kesalahan. Tidak ada kategori sosial yang kebal terhadap penemuan kutu busuk di pakaian, selimut, atau kasur mereka.




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x