Kompas TV internasional kompas dunia

Kecelakaan Bus Tewaskan 21 Penumpang Turis Asing di Venesia, 18 Luka Berat

Kompas.tv - 4 Oktober 2023, 15:33 WIB
kecelakaan-bus-tewaskan-21-penumpang-turis-asing-di-venesia-18-luka-berat
Sedikitnya 21 orang tewas dan 18 lainnya luka-luka dalam kecelakaan bus yang menggemparkan di sebuah daerah di Venesia, Italia, Rabu (4/10/2023). Kecelakaan terjadi ketika bus jatuh dari jalan layang di Mestre, saat dalam perjalanan menuju sebuah tempat berkemah. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

ROME, KOMPAS.TV - Sedikitnya 21 orang tewas dan 18 lainnya luka-luka dalam kecelakaan bus yang menggemparkan di sebuah daerah di Venesia, Italia. Kejadian ini terjadi di seberang laguna pusat bersejarah pusat pariwisata itu. Para petugas pemadam kebakaran dan tim darurat lainnya bekerja hingga larut malam untuk mengevakuasi jenazah dan memadamkan api.

Bus tersebut membawa para wisatawan asing seperti yang diinformasikan oleh seorang pejabat Venesia. Kecelakaan tragis ini terjadi ketika bus jatuh dari jalan layang di Mestre, saat dalam perjalanan menuju sebuah tempat berkemah di dekat wilayah Marghera seperti dilaporkan Associated Press, Rabu (4/10/2023).

"Para penumpang dalam bus mendapati diri mereka terkepung oleh api," kata Mauro Luongo, komandan tim pemadam kebakaran Venice. "Situasi yang kami temukan sangat mengerikan. Dibutuhkan sekitar satu jam untuk mengevakuasi beberapa jenazah."

Walikota Venice, Luigi Brugnaro menuturkan kecelakaan tersebut "sangat mengerikan" dan menyatakan kota ini dalam keadaan berduka.

Empat dari mereka yang terluka mengalami kondisi serius setelah kecelakaan tersebut, yang terjadi di daratan utama hanya 9 kilometer (km) sebelah barat laut kota tua Venesia, kata pejabat kota Renato Boraso. Dua di antara korban yang tewas adalah anak-anak.

Sang sopir, Alberto Rizzotto, tewas dalam kecelakaan itu. Para petugas Venice tengah menyelidiki apakah sang sopir jatuh sakit saat menyetir busnya. Menurut petugas, Alberto merupakan seorang sopir berpengalaman.

Baca Juga: Mantan PM Italia Silvio Berlusconi Meninggal Dunia di Usia 86 Tahun

Sedikitnya 21 orang tewas dan 18 lainnya luka-luka dalam kecelakaan bus yang menggemparkan di sebuah daerah di Venesia, Italia, terjadi ketika bus jatuh dari jalan layang di Mestre, saat dalam perjalanan menuju sebuah tempat berkemah. (Sumber: AP Photo)

Para korban luka kemudian dibawa ke lima rumah sakit berbeda di wilayah tersebut.

Menurut media setempat, bus jatuh beberapa meter dekat kereta api Mestre, di mana bus tersebut kemudian terbakar.

Gubernur Veneto, Luca Zaia, mengatakan dalam wawancara dengan televisi negara RAI bahwa penyebab kecelakaan ini masih belum jelas.

"Ini adalah tragedi yang penting, tapi sulit untuk memahami bagaimana ini bisa terjadi," ujarnya. "Bus tersebut bus listrik baru, dan jalan tersebut sebelumnya tidak pernah menjadi masalah khusus."

Pada tahun 2017, 16 orang tewas dalam kecelakaan bus yang membawa mahasiswa Hungaria di dekat kota utara Verona.

Tahun 2013, 40 orang tewas dalam salah satu kecelakaan kendaraan terburuk Italia ketika sebuah bus terjatuh dari sebuah jembatan di dekat kota selatan Avellino.


 

 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x