Kompas TV internasional kompas dunia

Pentagon Beri Peringatan ke Kongres AS, Dana Menipis untuk Gantikan Senjata yang Dikirim ke Ukraina

Kompas.tv - 3 Oktober 2023, 08:38 WIB
pentagon-beri-peringatan-ke-kongres-as-dana-menipis-untuk-gantikan-senjata-yang-dikirim-ke-ukraina
Menhan AS Lloyd Austin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Washington. Pentagon memperingatkan Kongres AS, stok dana untuk menggantikan senjata yang dikirimkan AS ke Ukraina semakin menipis, memaksa mereka memperlambat pengadaan ulang bagi beberapa pasukan AS. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Pentagon memperingatkan Kongres Amerika Serikat bahwa stok dana untuk menggantikan senjata yang dikirimkan AS ke Ukraina semakin menipis, sehingga memaksa mereka memperlambat pengadaan ulang bagi beberapa pasukan AS, seperti yang tertera dalam surat yang dikirimkan pemimpin Pentagon kepada pimpinan kongres.

Surat tersebut, yang diperoleh oleh Associated Press dan dilaporkan pada Selasa, (3/10/2023), mendesak Kongres untuk mengalokasikan kembali dana untuk Ukraina.

Kongres berhasil menghindari penutupan pemerintah dengan meloloskan undang-undang pendanaan jangka pendek akhir pekan lalu, namun langkah tersebut menghapus semua bantuan untuk Ukraina dalam pertempuran melawan Rusia.

Pengendali Keuangan Pentagon, Michael McCord, memberitahu para pemimpin di Kongres dan Senat bahwa tersisa sekitar 1,6 miliar Dollar AS dari total 25,9 miliar Dollar AS  yang disediakan Kongres untuk menggantikan persediaan militer Amerika Serikat yang telah dikirimkan ke Ukraina.

Senjata-senjata ini mencakup jutaan butir peluru artileri, roket, dan peluru kendali yang sangat penting bagi serangan balik Ukraina untuk merebut kembali wilayah yang direbut oleh Rusia selama perang.

Selain itu, Amerika Serikat juga punya sekitar 5,4 miliar Dollar AS tersisa untuk memberikan senjata dan peralatan dari stoknya sendiri.

Penting untuk dicatat bahwa Amerika Serikat sudah kehabisan dana tersebut jika Pentagon tidak menyadari sebelumnya pada tahun ini bahwa mereka telah menilai terlalu tinggi peralatan yang telah mereka kirimkan, yang menghasilkan dana tambahan sekitar 6,2 miliar Dollar AS. Sebagian dari dana tersebut telah dikirimkan dalam beberapa bulan terakhir.

McCord mengatakan Amerika Serikat sudah tidak punya dana jangka panjang bagi Kiev melalui Inisiatif Bantuan Keamanan Ukraina, yang memberikan dana untuk kontrak senjata di masa depan.

Baca Juga: Biden Tak Puas dengan Anggaran Jangka Pendek Cegah Shutdown, Minta Kongres Teken Dana untuk Ukraina

Menhan AS Lloyd Austin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Washington. Pentagon memperingatkan Kongres AS, stok dana untuk menggantikan senjata yang dikirimkan AS ke Ukraina semakin menipis, memaksa mereka memperlambat pengadaan ulang bagi beberapa pasukan AS. (Sumber: AP Photo)

“Kami terpaksa memperlambat pengadaan ulang pasukan kami sendiri untuk mengantisipasi masa depan yang tidak pasti dalam pendanaan,” kata McCord dalam surat tersebut. “Gagal mengalokasikan dana tambahan untuk militer dengan cepat dapat merugikan kesiapan militer kita.”

Dia menambahkan tanpa tambahan dana sekarang, Amerika Serikat harus menunda atau memotong anggaran untuk senjata pertahanan udara, amunisi, drone, serta peralatan peledak dan peledak yang "penting dan mendesak saat Rusia bersiap untuk melakukan serangan musim dingin."

Presiden Joe Biden hari Minggu, (1/10/2023) mengatakan meskipun bantuan akan terus mengalir untuk saat ini, waktu semakin berkurang.

“Kita tidak boleh membiarkan dukungan Amerika terhadap Ukraina terputus dalam keadaan apa pun,” kata Biden. “Kita masih punya waktu, walaupun tidak banyak, dan ada rasa urgensi yang sangat besar.”

Mark Cancian, seorang penasehat senior di Center for Strategic and International Studies, mengatakan jika bantuan tidak terus mengalir, perlawanan Ukraina akan mulai melemah.

"Jika tidak ada dana baru, mereka akan mulai merasakannya menjelang Thanksgiving," katanya.

Undang-undang pendanaan jangka pendek yang disetujui oleh Kongres hanya berlaku hingga pertengahan November. Dan McCord mengatakan akan terlalu berisiko bagi Departemen Pertahanan untuk mengalihkan dana dari undang-undang pendanaan sementara tersebut untuk membayar bantuan lebih lanjut kepada Ukraina.


Banyak anggota Kongres menyadari bahwa mendapatkan persetujuan untuk bantuan Ukraina di Kongres semakin sulit seiring dengan berlanjutnya perang dan dengan munculnya perlawanan terhadap bantuan ini dari sayap kanan keras Partai Republik yang semakin mendapat momentum.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x