Kompas TV internasional kompas dunia

Truk Bermuatan Amonia Terguling dan Sebarkan Gas Beracun di AS, 2 Anak Tewas

Kompas.tv - 1 Oktober 2023, 22:55 WIB
truk-bermuatan-amonia-terguling-dan-sebarkan-gas-beracun-di-as-2-anak-tewas
Petugas tanggap darurat bekerja di lokasi kecelakaan semitruk di Teutopolis, Illinois, pada hari Sabtu, 30 September 2023. Regulator federal mengonfirmasi pada hari Sabtu bahwa mereka sedang meninjau kecelakaan sebuah truk semi yang membawa zat beracun di pusat Illinois, yang mengakibatkan “banyak korban jiwa” dan kondisi udara berbahaya yang mendorong evakuasi warga sekitar. (Sumber: NewsNation-WTWO via AP)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

ILLINOIS, KOMPAS.TV - Dua anak di bawah usia 12 tahun menjadi korban tewas setelah truk bermuatan amonia terguling dan menyebarkan gas beracun di Illinois, Amerika Serikat. Total korban tewas dari insiden tersebut berjumlah 5 orang.

Selain itu, warga sekitar yang terdampak gas beracun juga harus mengungsi dari rumah mereka untuk menghindari bahaya yang mungkin terjadi.

Dilansir dari ABC News, Minggu (1/10/2023), pihak berwenang mengatakan kecelakaan tersebut terjadi Jumat (29/9/2023) malam di dekat desa Teutopolis.

Semi-truk tersebut membawa ribuan galon amonia anhidrat dan menyebabkan "awan besar" gas berbahaya itu membubung di wilayah tersebut.

Pada Sabtu (30/9/2023) malam, penduduk yang dievakuasi diizinkan untuk kembali ke rumah mereka setelah wilayah itu berhasil dinetralkan oleh US Highway 40.

"Pengujian menunjukkan bahaya dari amonia anhidrat telah hilang," kata Asisten Kepala Pemadam Kebakaran Teutopolis Joe Holomy dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, Koroner Effingham County, Kim Rhodes, membenarkan bahwa dua dari lima korban meninggal berusia di bawah 12 tahun.

Baca Juga: Ini Deretan Kemungkinan Dampak Berhentinya Operasional Pemerintah Amerika Serikat, Bakal Shutdown?

Penyebab kecelakaan masih diselidiki oleh Dewan Keselamatan Transportasi Nasional dan Kepolisian Negara Bagian Illinois.

“Kami menyampaikan simpati kami yang terdalam kepada mereka yang terkena dampak kecelakaan dan tumpahan bahan kimia. Petugas tanggap darurat dan manajer keadaan darurat berlatih untuk menghadapi hal ini dan banyak jenis keadaan darurat lainnya dengan tujuan meminimalkan dampak terhadap manusia dan harta benda,” kata Clayton Kuetemeyer, Wakil Direktur Badan Manajemen Darurat dan Kantor Dalam Negeri Illinois.

Insiden tersebut terjadi sekitar pukul 20.40 waktu setempat ketika semi-truk terguling dan menumpahkan amonia anhidrat di jalan raya.

"Insiden tersebut menyebabkan kondisi udara yang sangat berbahaya di wilayah timur laut," kata Sheriff Effingham County Paul Kuhns.

Baca Juga: Ini Dampak Dalam Negeri Amerika Serikat dari Berhentinya Operasional Pemerintah

Selain 5 orang korban jiwa, banyak orang lain yang terluka dan terlibat dalam kecelakaan tersebut.

Sekitar 4.000 dari 7.500 galon amonia anhidrat yang dibawa tersebut tumpah dan menyebabkan gas beracun tersebar.

Dilansir dari CDC, Ammonia atau amonia adalah gas kimia dengan dengan rumus NH3. Karakteristik gas ammonia adalah bening, tidak berwarna, tapi mengeluarkan bau menyengat.

Menghirup gas beracun tersebut bisa menyebabkan mual hingga iritasi saluran pernapasan, tergantung pada lamanya paparan.



Sumber : ABC News


BERITA LAINNYA



Close Ads x